IBL

Kini saat membicarakan Denver Nuggets, Nikola Jokic-lah ikonnya. Pemain asal Serbia itu menggunakan nomor jersey 15. Mungkin ada yang tidak tahu jika nomor tersebut sebelumnya dipakai oleh Carmelo Anthony. Nah, Melo protes kepada mantan timnya karena memberikan nomor itu kepada Jokic.

Dalam salah satu episode 7PM in Brooklyn, Melo curhat bahwa ia tidak senang nomor itu digunakan oleh Jokic. Melo merasa dengan Jokic memakai nomor 15 itu, segala hal yang dilakukan untuk Nuggets pada masa lalu akan tertutup.

“Itu adalah cara yang agak licik. Seperti, Oh kami punya pilihan nomor 15, ini pakailah. Dan kalian semua menempatkan Jokic sebagai pusat perhatian. Dia sendiri tidak tahu apa yang sedang terjadi,” tutur Melo.

Mungkin Melo sedikit kesal. Pasalnya Nuggets merupakan rumah pertamanya di NBA. Melo terpilih sebagai urutan ketiga NBA Draft 2003 oleh Nuggets. Melo berseragam Nuggets selama delapan tahun dari 19 tahun kariernya di NBA.

Nomor 15 juga spesial untuk Melo. Saat bermain untuk Syracuse Orange, Melo juga menggunakan nomor 15. Kini Syracuse telah memensiunkan nomor tersebut.

“Dia bisa mencoba memberi rasa hormat. Saya tidak tahu. Tapi yang saya yakini adalah mereka memberi (Jokic) nomor 15 untuk mencoba menghapus apa yang telah saya lakukan di tim,” lanjut Melo.

Melo berada di Denver dalam kurun waktu 2003-2011. Selama delapan musim ini, Melo mencatat empat kali All-Star dengan edisi perdana pada 2007. Kemudian Melo dikirim ke New York Knicks pada 2011.

Tiga tahun kemudian, Nuggets membawa Nikola Jokic dalam putaran kedua NBA Draft 2014. Jokic yang memiliki bakat luar biasa itu menjelma sebagai ikon baru Nuggets. Ia meraih dua kali MVP beruntun dan puncaknya mengantar Nuggets meraih gelar untuk pertama kali. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Melo.

“Saat Anda memikirkan nomor 15 di Denver sekarang, pada generasi oni, Anda (berpikir) Joker (julukan Jokic). Dan tidak ada yang mengarah pada hal itu. Hanya saja, itu adalah dua generasi yang berbeda. Jadi itu menunjukkan kepada saya bahwa (nuggets) belum melewati momen itu. Tahun 2010 itu 13 tahun lalu. Jika ya, Anda masih belum beranjak pada sesuatu yang terjadi 13 tahun lalu,” kata mantan pemain berusia 39 tahun itu.

Di sisi lain, Melo berada di New York hingga 2017. Kemudian ia berpindah tim dari Thunder, Rockets, Blazers, dan berakhir di Lakers. Melo gantung sepatu pada 2022 lalu. Sebenarnya nomor 15 tidak hanya dipakai oleh Jokic. Setelah kepergian Melo, Anthony Randolph sempat memakai nomor tersebut pada musim 2013-2014. (rag)

Foto: Bruce Bennett, Marc Piscotty/Getty Images

Komentar