IBL

Los Angeles Clippers mengamankan Kawhi Leonard. Pada Rabu (10/1) waktu setempat, Clippers mengumumkan memperpanjang kontrak Kawhi. Dari laporan ESPN, Clippers memberi Kawhi tiga tahun dengan nilai sekitar AS$153 juta.

Kontrak Kawhi menghasilkan AS$52 juta pada tahun pertama. Kemudian menjadi sekitar AS$52 juta per musim selama dua tahun berikutnya. Perpanjangan itu tidak mencangkup opsi pemain. Tetapi mencangkup trade kicker sebesar 15 persen.

Usai menghajar Toronto Raptors 126-120 di Crypto.com Arena, Kawhi berharap Clippers juga mempertahankan pemain inti lain yaitu Paul George dan James Harden. Keduanya diketahui memenuhi syarat untuk menetap di LA lebih lama.

Kawhi mengatakan bahwa ia mengambil nilai kurang dari hak yang seharusnya ia dapatkan dari Clippers. Hal ini karena ia ingin Clippers tetap memiliki pemain inti yang solid dan membuat mereka lebih berpeluang meraih gelar.

“Dengan pembicaraan yang saya lakukan dengan mereka tentang hal, saya pikir sebagian besar pemain akan kembali. Jadi, dengan saya menandatangani perpanjangan kontrak, saya pikir itu adalah hal yang baik. Memberi kami kesempatan untuk merekrut kedua pemain itu,” ujar Kawhi.

Sebenarnya Kawhi memenuhi persyaratan untuk mendapat perpanjang kontrak maksimal. Menurut Bobby Marks dari ESPN, Kawhi dan Paul George bisa mendapatkan perpanjangan empat tahun dengan nilai AS$223 juta.

Saat ditanya tentang kontrak yang lebih pendek dari yang seharusnya itu, Kawhi berkilah. Ia menyebut pertambahan usia akan mempengaruhi performanya.

“Saya pikir pada saat itu (tiga tahun lagi), saya akan berusia 35 tahun. Anda akan melihat bagaimana saya bermain pada usia itu. Jadi, menurut saya itu angka yang cocok saja,” kata pemain yang saat ini berusia 32 tahun.

Sementara itu, Clippers tampaknya sudah menemukan kenyamanan dengan komposisi pemain saat ini. Memang saat awal kedatangan Harden, mereka sempat terseok-seok. Clippers sudah menemukan formulanya dengan tidak memainkan Harden dan Russell Westbrook bersamaan.

Clippers (24-13) berada di posisi keempat Wilayah Barat. Mereka berjarak dari Timberwolves (26-11), Thunder (25-11), dan Nuggets (26-13). Clippers mengamankan empat kemenangan dalam lima gim terakhir. (rag)

Foto: Adam Pantozzi/NBAE via Getty Images

Komentar