IBL

Berita pergantian pemain kembali datang dari kontestan ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Kali ini, Mono Vampire Basketball Club yang memutuskan untuk mengganti pemain asing dunianya, Reginald "Reggie" Johnson dengan Samuel Deguara. Pemain yang datang ini, lebih tinggi dan lebih besar dari Reggie.

Bila kita melihat permainan Mono di bawah ring, mereka sangat kuat dengan hadirnya Reggie Johnson. Dengan tinggi 2,08 meter, dan berat 132 kilogram, rasanya sangat sulit untuk menghentikan pemain ini. Apalagi saat bertahan, Reggie juga sangat kuat. Setelah bermain bersama Mono di enam laga, Reggie mencetak 22,7 poin, 14,0 rebound dan 2,3 asis per pertandingan. Tapi ternyata, menajemen Mono memutuskan untuk menggantinya.

Dilansir situs berita tinthethao.com.vn, Reggie Johnson digantikan oleh pemain asal Malta, Samuel Deguara. Pemain yang akrab disapa "Big Sam" itu merupakan pemain basket nomor empat tertinggi di dunia dengan 2,29 meter dan berat 136 kilogram. Sebelum bergabung dengan Mono, Deguara bermain di Thailand Basketball Championship (TBL) 2017 bersama tim PEA Club. Ia juga sukses menyandang gelar Best Center. Saat itu, Deguara satu tim dengan Joshua Munzon, yang kini ada di Westports Malaysia Dragons.

Sementara itu, baru-baru ini tepatnya pada bulan Oktober 2017, Deguara bergabung dengan Farmcochem (Malaysian Pro League) dan berhasil membawa gelar juara. Di Malaysia, Deguara juga bertarung dengan Christien Charles yang kini bermain untuk Singapore Slingers.

Hadirnya Deguara menambah panjang daftar pemain-pemain raksasa di ABL musim ini. Seperti Justin Howard di Chongson Kung Fu yang memiliki tinggi 2,09 meter, serta center CLS Knights Indonesia, Brian Williams yang tingginya mencapai 2,08 meter.

Dengan tinggi dan beratnya, tentu kita berpikir bahwa pergerakannya lambat. Tapi ternyata anggapan itu salah, ia hanya kurang dalam hal akurasi tembakan jarak jauh saja. Soal gerakan dan kecepatannya tidak ada masalah. Tentunya ini akan menyulitkan pemain-pemain seperti Marcus Marshall, Tyler Lamb dan Akeem Scott untuk masuk ke area lubang kunci Mono.

Kita akan melihat aksi Deguara saat Mono bertandang ke rumah Formosa Dreamers, 7 Januari 2018 mendatang. Mono punya misi untuk menambah pundi-pundi kemenangan mereka. Kini tim tersebut punya rekor empat kali menang dan tiga kali menelan kekalahan. (*)

Foto: facebook Samuel Deguara, PEA Basketball

Komentar