IBL

Sejak Timnas Amerika Serikat (USA) gagal meraih medali di Piala Dunia FIBA 2023, banyak diskusi tentang hal tersebut. Bukan hanya masalah teknis saja, melainkan juga soal masa depan program pemusatan latihan timnas USA. Bintang LA Clippers Paul George akhirnya angkat bicara mengenai situasi yang terjadi di timnas. 

Dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada banyak keinginan dari bintang-bintang top untuk mewakili negara mereka, sehingga terbentuklah skuat yang tidak lebih baik dari negara-negara lain di dunia. Piala Dunia FIBA 2023 memperjelas hal itu, dan Paul George memberikan pendapatnya tentang mengapa timnas Amerika Serikat mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun Amerika memiliki kemewahan karena memiliki banyak pemain berbakat untuk dipilih, para penggemar merasa negara tersebut memberangkatkan tim B daripada tim A. Ternyata PG13 setuju dengan narasi itu, karena ia percaya bahwa banyak pemain muda yang dipilih, sementara mereka belum siap berkorban untuk negaranya.

"Sulit ketika Anda menempatkan sekelompok pemain yang mencoba menemukan jalan mereka, dan sekarang Anda bertanya mereka untuk mencari cara bermain sebagai sebuah tim," kata Paul George. 

"Saya menyebutnya. Itu adalah grup yang sangat bertalenta, semuanya berkembang pesat di liga sekarang. Saya hanya berpikir dibutuhkan pola pikir yang berbeda, dan para pemain harus berada di bagian yang tepat dalam karier mereka untuk mengambil dan menerima tantangan itu…"

Foto: Reuters

Para pemain muda mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Mereka masih baru di liga, dan belum mengenal banyak pemain. Meskipun bakat mereka luar biasa, tetapi ketika bermain di timnas, mereka harus menurunkan ego. 

Dalam hal ini, menurut George lebih baik menurunkan pemain veteran yang sudah lama saling kenal di liga. Hal ini akan memangkas waktu adaptasi sesama pemain. Kesimpulannya, lebih baik mengirimkan pemain veteran yang sudah saling kenal, ketimbang mengumpulkan pemain baru, yang masing-masing masih punya ambisi untuk menunjukkan kemampuannya.

Kabar baiknya bagi timnas USA sepertinya sedang membetuk sebuah tim super sedang bersiap untuk Olimpiade 2024 Paris, karena negara tersebut ingin menunjukkan kekuatan kolektifnya dan membuktikan bahwa mereka masih menjadi negara teratas di dunia dalam hal bola basket. 

George masih belum memberikan komitmen apakah ia akan mewakili negaranya lagi atau tidak, namun bagaimanapun juga, sepertinya Amerika sudah muak dengan kekalahan. Mereka akan melakukan apa pun untuk membuktikan bahwa mereka masih yang terbaik dari yang terbaik dalam permainan bola basket di turnamen mendatang. (*)

Foto: NBC Sports

Komentar