IBL

Para pemain Detroit Pistons duduk terdiam di salah satu sudut ruang ganti. Mereka meratapi nasib sebagai bagian dari tim bola basket terburuk sepanjang sejarah NBA, dan itu akan selalu tercatat dalam perjalanan kariernya. Pistons menyamai rekor liga untuk kekalahan beruntun terlama dalam satu musim, setelah 115-126 dari Brooklyn Nets pada Sabtu malam (24/12) waktu Amerika Serikat. Ini merupakan kekalahan ke-26 berturut-turut dalam satu musim. 

Pistons bergabung dengan Cleveland Cavaliers 2010-2011 dan Philadelphia 76ers 2013-2014 yang pernah kalah 26 laga beruntun. Rekor Pistons musim ini turun menjadi 2-27, dan menjadi rekor terburuk di musim pertamanya di bawah asuhan Monty Williams. Mereka menguasai permainan di babak kedua sebelum Nets menyingkirkan mereka dengan skor 15-0 untuk membuka keunggulan 21 poin dan memastikan bahwa Detroit tetap tanpa kemenangan sejak 28 Oktober 2023.

"Semua orang ingin menang, semua orang benci kekalahan, jadi ini sulit," kata garda Pistons, Cade Cunningham. "Kami juga harus realistis. Tidak bisa terus menerus mengatakan hal yang sama, seperti kita akan mendapatkan hal berikutnya. Harus ada rencana tindakan, jadi kami hanya mencoba mencari tahu."

"Tak seorang pun dari kami pernah mengalami hal ini," timpal Isaiah Stewart. "Ini adalah hal tersulit yang mungkin kita semua lalui, terutama karena menjadi pemain profesional." 

Bahkan seorang Monty Williams, yang menyandang gelar Coach of the Year pada 2021-2022 saat melatih Phoenix Suns, mengatakan dialah yang harus disalahkan atas semua rekor buruk tersebut.

"Itu tanggung jawab saya. Itu bukan pada pemainnya," kata pelatih Williams. "Setiap kali Anda mengalami pukulan seperti ini, itu terjadi pada orang yang bertanggung jawab atas produk tersebut."

Namun masalah yang lebih besar mungkin adalah roster yang usia rata-ratanya sedikit di bawah 25 tahun, menjadikan Pistons salah satu tim termuda di liga. Mereka melakukan terlalu banyak pelanggaran, terbanyak di liga dengan 22,8 per pertandingan, dan terlalu sering melakukan turnover dengan 16,6 per pertandingan. Mereka belum mampu mengatasi kombinasi kesalahan tersebut.

"Kami mengalami banyak masa sulit tahun ini, tapi saya mencoba untuk tidak memandang kehidupan seperti itu. Itu terjadi begitu saja," imbuh pelatih Williams. "Ketika Anda membaliknya 14 kali Anda tidak mengharapkan 22 poin, tapi itu terjadi. Perputaran langsung itu, itu adalah kematian bola basket untuk penguasaan bola dan kami telah mengalami banyak hal seperti itu tahun ini."

Masalah menjadi semakin pelik ketika Pistons akan membuat rekor buruk lainnya, yaitu kekalahan terpanjang sepanjang sejarah liga. Karena dalam sejarah NBA Philadelphia 76ers pernah kalah 28 laga berturut-turut, dan itu terjadi antara akhir musim 2014-2015 dan awal musim 2015-2016.

Di hadapan pers, kepala pelatih Monty Williams  berusaha meningkatkan moral para pemainnya dan mengatakan dia bangga dengan upaya mereka. 

"Kekalahan adalah hal yang mengerikan di liga ini, dan kami sudah mengalami banyak hal seperti itu," akunya. "Saya bangga dengan cara mereka terus berjuang setiap malam. Para pemain kami tidak ingin menjadi bagian dari kekalahan beruntun apa pun. Setiap hari mereka kembali fokus dan ingin memenangkan pertandingan."

Tapi apa yang dikatakan Willams pada saat konferensi pers mendapatkan kritikan dari media. Aaron Kellerstrass dari Piston Powered menulis bahwa masalah terbesar Detroit Pistons selama empat musim terakhir, selain kurangnya pemain berkualitas, adalah turnover. 

Pistons berada di urutan ke-2 terburuk di NBA musim ini dan berada di atau dekat posisi terbawah liga dalam hal turnover per game selama empat pertandingan terakhir. Menurut Kellerstrass sebagian dari hal ini adalah karena mereka adalah tim muda, sebagian lagi adalah bagian yang bergerak terus-menerus dan perubahan peran, dan sebagian lagi hanyalah kecerobohan belaka.

Monty Williams, dan Dwane Casey sebelum dia, belum berbuat cukup banyak untuk mendapatkan dan mempertahankan personel yang tepat untuk mencoba menambah jarak, meskipun dalam pertahanan mereka, mereka dibatasi oleh daftar yang tidak memiliki banyak penembak yang andal.

Pelatih Williams telah banyak berbicara tentang turnover kepada media dan saya yakin lebih banyak lagi kepada timnya. Ini membuat frustrasi, karena banyak turnover yang hanya merupakan kesalahan ceroboh sehingga dia tidak bisa berbuat apa-apa. Para pemain ini bukan anak-anak, mereka harusnya tahu cara menjaga bola.

"Itu hanya kecerobohan. Itulah satu-satunya cara Anda dapat menyimpulkannya. Ceritanya sama, bermain di tengah penonton, tidak yakin ke mana kami harus membawa bola dan menjadi kuat saat menguasai bola," kata pelatih Williams. 

Williams juga mengatakan tim mudanya "tidak yakin ke mana kami harus membawa bola," yang sepertinya menjadi masalah besar di musim ini. Seringkali kita melihat penjaga Pistons melantun bola ke kerumunan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan bola, yang berujung pada turnover. Sebagiannya ada pada mereka, tapi sebagian lagi ada pada pelatih yang menempatkan mereka pada posisi yang tepat untuk sukses. Pelatih Williams frustrasi dengan turnover, tapi dia tidak tinggal diam, dia melakukan sesuatu dengan menerapkan lebih banyak pergerakan bola. (*)

Foto: New York Post

Komentar