IBL

Washington Wizards mencari markas baru. Mereka berencana meninggalkan Washington DC, ibu kota Amerika Serikat. Monumental Sports & Entertainment, selaku pemilik Wizards dan Capitals (NHL), berencana pindah ke Virginia.

Pemilik mayoritas Wizards dan CEO Monumental Sports & Entertainment Ted Leonsis dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Virginia Glenn Youngkin pada Rabu di Potomac Yard, Alexandria, Virginia.

Kemungkinan besar kota Alexandria akan menjadi markas baru Wizards. Rencana itu masih memerlukan persetujuan penuh dari General Assembly dan pejabat lokal. Otoritas Virginia sendiri memiliki kompleks olahraga yang lebih besar untuk ditawarkan kepada Monumental Sports & Entertainment.

Jarak Capital One Arena ke Potomac Yard tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 57 mil atau 90 km. Kedua daerah tersebut dipisahkan oleh Potomac River dan bisa ditempuh dalam waktu setengah jam. Potomac Yards juga strategis karena dekat dengan Ronald Reagan National Airport dan transportasi umum, termasuk jalur metro bus dan kereta api.

Washington Post melaporkan anggota parlemen negara bagian Virginia melakukan pemungutan suara pada Senin untuk menyetujui proyek arena di Virginia utara. Proyek itu akan menjadi kompleks olahraga seluas 8 ribu kaki persegi. Pembangunan bisa dimulai pada 2025 dan tim bisa menggunakan arena itu pada 2028.

Wizards (dan Capitals) telah bermarkas di Capital One Arena, Washington DC sejak 1997. Perpindahan dari kawasan Maryland ke DC itu juga membantu merevitalisasi kawasan Chinatown, yang menjadi lokasi Capital One Arena.

Sementara itu, pemerintah kota Washington mengatakan mereka tetap ingin bekerja sama dengan Leonsis agar waralaba tersebut tetap berada di DC. Mereka menawarkan bantuan AS$500 juta untuk biayai renovasi Capital One Arena.

Tetapi Leonsis memerlukan total AS$800 juta untuk renovasi itu. Ia mengajukan bantuan pendanaan kepada DC sebesar AS$600 juta. Banyaknya hambatan di DC membuat Leonsis mencari alternatif lain dengan pindah ke Virginia. Sementara itu Wizards baru bisa meninggalkan Capital One Arena paling tidak pada 2027. (rag)

Foto: Craig Hunter Ross via Washington Wizards

Komentar