IBL

Di luar dugaan, Indiana Pacers berhasil melaju ke Final In-Season Tournament 2023. Pacers akan berhadapan dengan Los Angeles Lakers. Pertandingan final akan berlangsung pada Sabtu (9/12) di Las Vegas atau Minggu WIB.

Pertemuan dua tim ini ibarat dua titik yang bertolak belakang. Pacers merupakan tim dengan daftar gaji terendah di liga. Dilansir melalui laman Spotrac, tahun ini Pacers memiliki total gaji AS$130 juta.

Baca juga: Lakers ke Final! LeBron James dkk Terlalu Tangguh untuk Pelicans

Hanya dua pemain Pacers yang memiliki gaji lebih dari AS$20 juta per tahun. Gaji tertinggi Pacers dimiliki oleh Bruce Brown Jr. dengan total AS$22 juta. Kemudian Myles Turner dengan bayaran AS$20,9 juta. Posisi ketiga ditempati oleh Buddy Hield dengan nilai AS$19,2 juta. Setelah itu gaji pemain lain tidak lebih dari AS$9 juta.

Sedangkan Tyrese Haliburton yang memanas akhir-akhir ini memiliki gaji AS$5,8 juta. Tetapi pada musim depan Haliburton akan menjadi pemain Pacers dengan bayaran termahal. Ia menandatangani kontrak 5 tahun pada Juli lalu. Tahun depan Haliburton akan memperoleh penghasilan lebih dari AS$35 juta.

Pacers tak terkalahkan selama In-Season Tournament 2023. Tim asuhan Rick Carlisle itu menyapu bersih fase Grup A Wilayah Timur dengan mengalahkan Cavaliers, Sixers, Hawks, dan Pistons. Di perempat final menjungkirkan Celtics. Lalu membungkam Bucks di semifinal.

Baca juga: Pacers Singkirkan Bucks dari Turnamen NBA

Tim dengan gaji terendah tahun ini? Tidak masalah. Dengan masuk ke final In-Season Tournament ini, para pemain Pacers akan mendapat hadiah uang tunai. NBA menyediakan hadiah AS$500 ribu per pemain yang juara. Lalu AS$200 ribu per pemain tim runner up.

Kondisi Pacers berbanding terbalik dengan Lakers. Mereka memang bukan tim dengan gaji tertinggi di liga. Tapi masih masuk 12 tim gaji tertinggi. Lakers memiliki daftar gaji AS$180 juta. Pemain termahal tentu adalah LeBron James yang memiliki nilai AS$47,6 juta per tahun. Disusul Anthony Davis dengan AS$40,6 juta.

Selain itu, Lakers merupakan tim langganan juara. Mereka memiliki gelar terbanyak di liga. Bersama Celtics, mereka sama-sama mengoleksi 17 gelar. Kini Lakers berupaya mencetak sejarah sebagai tim pertama yang memenangkan In-Season Tournament.

Lagi-lagi kondisi kontras dengan Pacers. Mereka belum pernah menjadi juara NBA sejak tim ini berdiri pada 1967. Pacers tercatat juara 3 kali American Basketball Association (ABA) pada 1970, 1972, dan 1973. Capaian terbaik Pacers di NBA adalah juara divisi tahun 2000. (rag)

Foto: NBA

Komentar