IBL

Luka Doncic punya malam yang bersejarah. Superstar Dallas Mavericks itu mencetak 29 poin, 10 rebound, dan 10 asis melawan Utah Jazz pada Rabu malam (6/12) waktu Amerika Serikat, di babak pertama laga tersebut. Doncic menyelesaikan malamnya dengan torehan 40 poin, 11 rebound, dan 10 asis dalam waktu 32 menit, dan membawa Mavericks menang 147-97 atas Jazz. 

Menurut catatan Basketball Reference, Doncic bergabung dengan Russell Westbrook, Domantas Sabonis, dan Nikola Jokic, sebagai pemain yang mencetak tripel-dobel dalam satu babak sejak tahun 2000. Penampilan luar biasa Doncic berhasil menghentikan dua kekalahan beruntun, dan meningkatkan rekor Mavs menjadi 12-8. 

Dengan Grant Williams absen karena nyeri lutut, Dante Exum melakukan start pertamanya sebagai anggota Mavs melawan tim NBA yang memilihnya menggunakan pilihan keseluruhan kelima di kelas 2014. Jazz bermain tanpa sejumlah pemain kunci karena cedera, termasuk pemain NBA All-Star Lauri Markkanen, Jordan Clarkson, dan Kelly Olynyk.  

Doncic dan Irving sempat mengungguli Jazz dengan gabungan 32 poin di awal kuarter kedua, mengatur suasana bagi Mavs di tengah keunggulan dua digit. Serangan Mavericks terus berlanjut, mencetak keunggulan 74-51 saat jeda. Dengan 29 poin, 10 rebound, dan 10 asis selama dua kuarter, Doncic menjadi pemain pertama dalam sejarah liga yang mencapai tripel-dobel dengan 25 poin sebelum turun minum. Superstar Slovenia itu melampaui Larry Bird untuk catatan tripel-dobel terbanyak kesembilan sepanjang masa. 

Ketika Doncic mencapai 40 poin di akhir kuarter ketiga, ia mencatatkan performa musim reguler ketujuh dengan setidaknya 40 poin, 10 rebound, dan 10 asis. Dia melampaui LeBron James dan menyamai Wilt Chamberlain untuk jumlah 40 poin terbanyak keempat dalam sejarah NBA. 

Mengingat keunggulan signifikan yang dimiliki Mavs sebelum kuarter keempat dimulai, Doncic atau Irving ditarik kembali ke bangku cadangan. Istirahat ekstra tentunya disambut baik oleh backcourt superstar Dallas, mengingat Doncic bermain 46 menit pada hari Sabtu melawan Oklahoma City Thunder, dan Irving kembali dari absen satu pertandingan karena nyeri kaki. 

Mavs menerima kontribusi besar dari Irving, yang mengumpulkan 26 poin, 3 rebound, 4 asis, dan 3 steal. Mavs kembali beraksi pada hari Jumat ketika mereka menghadapi Portland Trail Blazers di Moda Center. (*)

Foto: nba.com

Komentar