IBL

Sehari setelah kalah dari Heat, 107-108 di Miami, Los Angeles Lakers mengajukan protes resmi ke liga. Fokus mereka adalah "numerous missed foul calls", atau banyaknya pelanggaran yang tidak mendapatkan tiupan, khususnya pada LeBron James. Menurut laporan tersebut, Lakers menyertakan beberapa rekaman pertandingan Lakers melawan Heat, untuk menguatkan data mereka. 

LeBron menyelesaikan laga dengan 30 poin, termasuk memasukkan empat tembakan gratis. Secara keseluruhan, Lakers mendapatkan 14 kesempatan tembakan gratis dari 17 pelanggaran. Sementara Heat mendapatkan 14 tembakan gratis dari 14 tiupan pelanggaran. LeBron sendiri sudah membahas hal ini usai pertandingan. 

"Apa yang mereka katakan kepada saya tidak konsisten dengan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan," kata James, menurut Dave McMenamin dari ESPN. "Ketika saya melakukan upaya dunk melawan Thomas Bryant, dia dengan jelas menyikut, seperti, lengannya tepat di depan wajah saya. Dan, saya minta penjelasannya. Nah, salah satu wasit mengatakan dia tegak, tangan lurus ke udara. Dua wasit mengatakan mereka diblokir dan mereka tidak melihatnya."

Tidak adanya panggilan memicu protes dari Ham, yang akhirnya membuatnya melakukan pelanggaran teknis. Dia juga berbicara pada wasit pasca pertandingan. "Saya melihat 'Bron menembakkan empat lemparan bebas dan berapa kali dia menyerang tepi lapangan, berapa kali dia ditampar di lengannya, yang bisa saya lihat dengan jelas di siang hari, jangan disebut begitu, kawan," kata pelatih Darvin Ham. . ... "Dia tidak terjatuh. Saya melihatnya masuk ke lubang dengan kuat."

LeBron James mencatatkan rata-rata 5,7 tembakan gratis per gim musim ini melalui tujuh pertandingan. Rata-rata karirnya adalah 7,7 percobaan per gim, angka yang belum pernah dia capai dalam satu musim sejak 2014-2015 saat masih bersama Cleveland Cavaliers. Padahal di awal kariernya, LeBron rata-rata melakukan lebih dari 10 tembakan gratis per gim. 

Seiring dengan evolusi permainannya yang mencakup lebih banyak permainan perimeter dan tembakan tripoin, upaya lemparan bebasnya semakin berkurang. Dia sudah lama mengeluh melalui media , media sosial, dan di lapangan tentang kepemimpinan wasit di NBA. (*)

Foto: AP News

Komentar