IBL

LeBron James muncul dengan sepatu baru pada pertandingan melawan Sacramento Kings, Sabtu (29/10) waktu Amerika Serikat. Momen ini sangat penting bagi bintang Los Angeles Lakers tersebut, karena menandai 20 tahun debutnya di NBA. Awalnya, banyak yang mengira bahwa sepatu yang dipakai LeBron adalah Air Zoom Generation, yang merupakan sepatu khas pertamanya. Namun ternyata ini justru sepatu baru dengan punya jalur warna "Debut", yang dibuat mirip dengan sepatu LeBron saat melakoni laga pertamanya di NBA. 

LeBron sekarang memakai Nike LeBron 21 dalam pertandingan. Tetapi dia juga punya varian dengan harga lebih terjangkau, yaitu Nike LeBron NXXT Gen, yang merupakan varian dari LeBron 20. Ternyata dari LeBron NXXT Gen tersebut dibuat mirip dengan Air Zoom Generation, namun ditambahkan dengan teknologi masa kini. Sementara, salah satu dari jalur warnanya dinamakan "Debut", dengan menampilkan warna putih dan hitam. 

Sepatu ini sempat mengecoh mata penggemar yang mengira LeBron memang memakai Air Zoom Generation. Karena Nike, pada bulan Agustus 2023, merilis ulang Air Zoom Generation dalam jalur warna "Debut" sebagai bagian dari varian Nike retro. Tentu saja, strategi ini mirip dengan apa yang dilakukan Air Jordan. Tapi ada perbedaan yang jelas terlihat dari detail sepatu Nike LeBron NXXT Gen "Debut" dengan Air Zoom Generation "Debut". 

Nike LeBron NXXT Gen "Debut" dan Air Zoom Generation "Debut". Foto: footwearnews.com

LeBron James juga membuat sebuah gerakan slam dunk, yang akhirnya dijadikan sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya. Gerakan tersebut tampaknya sudah disiapkan khusus jauh-jauh hari. Karena penempatan kameranya benar-benar sama persis, dengan 20 tahun yang lalu. 

LeBron awalnya dikontrak oleh Nike sebelum masuk NBA dengan nilai kontrak 87 juta dolar dalam waktu tujuh tahun. Namun pada tahun 2015, LeBron James mengundurkan diri dari kontrak tersebut. Nike akhirnya memberikan kontrak baru senilai 1 miliar dolar untuk seumur hidup. Menjadikan LeBron sebagai atlet Nike dengan kontrak paling besar di antara semua dutanya. (*)

Foto: hypebeast.com

Komentar