IBL

Selalu saat upacara penganugerahan cincin juara NBA, hal yang paling ingin diketahui penggemar adalah model cincin itu sendiri. Kali ini cincin juara Denver Nuggets punya dua keunikan. Salah satunya memiliki tuas yang bisa digeser, serta terdapat penyimpanan rahasia. Cincin tersebut punya beberapa bagian yang bisa digerakkan. 

Jason Arasheben, CEO rumah perhiasan "Jason from Beverly Hills" yang berbasis di Los Angeles, ingin memastikan bahwa cincin juara Nuggets berbeda dari yang lain. Jason sendiri juga terlibat dalam pembuatan beberapa cincin juara tim NBA, seperti Los Angeles Lakers, Milwaukee Bucks, Golden State Warrior , Los Angeles Rams, Tampa Bay Buccaneers, Vegas Golden Knights, dan Las Vegas Aces.

"Dari rumor yang saya dengan, cincin saya sekarang lebih baik daripada ring mana pun yang pernah dia buat," kata garda Nuggets Kentavious Caldwell-Pope, pemilik cincin kejuaraan Lakers tahun 2020.

Tampaknya, Caldwell-Pope tidak akan kecewa dengan apa yang dia dapatkan. Cincin berbentuk zamrud ini memiliki berlian 16 karat untuk mewakili 16 kemenangan playoff Nuggets. Terdapat pula Piala Larry O'Brien di bagian depan dengan tulisan "Nuggets" bertatahkan berlian dan siluet puncak gunung Denver serta logo beliung. 

Cincin Nuggets hadir dengan dua fitur unik, dan keduanya baru pertama kali dibuat oleh Arasheben. Cincin tersebut memiliki tuas di bagian atas yang bisa digeser, dengan tulisan tahun 1967, sebagai tahun terbentuknya Nuggets di ABA, dan bergeser menjadi tahun 2023, di mana mereka meraih gelar juara. Saat tuas tersebut digeser, sekaligus akan mengubah warna latar logo dari putih menjadi safir biru. 

Keunikan kedua ada penyimpanan rahasia. Sebuah kompartemen yang dapat dibuka di sisi kiri ring memperlihatkan spanduk kejuaraan Nuggets tahun 2023 yang dikibarkan pada upacara perayaan juara Nuggets. 
Yang ini jelas merupakan salah satu favorit saya," kata Arasheben kepada ESPN. "Kami adalah pihak pertama yang memunculkan konsep twist-off top. Tetapi fitur cincin Nuggets belum pernah dibuat sebelumnya pada perhiasan atau cincin kejuaraan tim mana pun."

Selain berlian putih dan kuning serta safir biru, ada 89 rubi merah untuk menghormati jumlah poin yang didapatkan Nuggets dalam kemenangan atas Miami Heat di gim kelima Final NBA 2023. Josh Kroenke, presiden Nuggets, terlibat dalam desain cincin dari awal hingga akhir. Dia memiliki pengalaman akhir-akhir ini di departemen ini sejak ayahnya, Stan, mengepalai Kroenke Sports & Entertainment, yang memiliki Nuggets, the Rams, dan Colorado Avalanche. The Rams dan Avalanche sama-sama memenangkan kejuaraan pada tahun 2022.

"Saya bertanya kepada Arasheben, fitur khusus apa yang bisa kami masukkan dari Nuggets. Saya tidak ingin membuat twist-off. Saya tidak ingin apa pun yang pernah dibuat sebelumnya," kata Josh Kroenke kepada ESPN.

Uniknya, beberapa pemain tidak menyadari adanya fitur unik dalam cincin juaranya, termasuk Aaron Gordon. Sehingga dia baru tahu setelah pertandingan selesai, dan bertemu dengan Jason Arasheben, sebagai perancang cincin juaranya. Sementara itu, Nikola Jokic kini tidak akan bisa mengikat cincin juara di sepatunya, Karena akan membahayakan pemain lain. 

"Pasti akan membahayakan kesehatan siapa pun jika benda tersebut terpantul di sepatunya. Cincin ini terlalu besar dan terlalu berat," canda Kroenke. (*)

Foto: Denver Sports

Komentar