IBL

NBA 2023-2024 akan dimulai besok. Gim pembuka mempertemukan Los Angeles Lakers melawan juara bertahan Denver Nuggets. LeBron James mengaku tidak terpengaruh dengan trash talk yang terus bergulir sejak pertemuan mereka di final Wilayah Barat musim lalu.

“Saya tidak termotivasi untuk membalas. Saya tidak membutuhkan hal seperti itu. Motivasi saya adalah berkompetisi dan memberikan perlawanan yang terbaik. Saya tidak membutuhkan individu atau tim yang membuat saya terdorong. Saya memotivasi diri sendiri. Itu sudah cukup,” kata LeBron dilansir melalui ESPN.

Final Wilayah Barat tersebut sudah berlalu lima bulan lalu. Lakers memiliki pengalaman tidak menyenangkan. Mereka disapu bersih oleh Nuggets. Pada akhirnya Nuggets berpesta sebagai juara NBA untuk pertama kalinya setelah 47 tahun.

Sementara itu, LeBron akan memasuki musim ke-21. Ia juga mendapat predikat baru sebagai pemain aktif tertua di NBA. Status itu menjadi milik LeBron setelan pensiunnya Udonis Haslem dan Andre Iguodala.

Meski menjadi pemain tertua, statistik LeBron tidak mengendur. Musim lalu ia resmi menjadi pencetak skor terbanyak sepanjang masa di liga. Menggeser rekor Kareem Abdul-Jabbar.

Pada gim 4 final Wilayah Barat melawan Nuggets pada Mei lalu, LeBron bahkan nyaris mencetak tripel dobel 40 poin, 10 rebound, dan 9 asis. LeBron tampil selama 48 menit. Sayangnya, Lakers mengakhiri perjalanan dengan kekalahan tipis 111-113.

Setelah kekalahan itu, LeBron sempat membuat pernyataan yang mengejutkan. Ia pernah menyebut akan mempertimbangkan untuk pensiun. Menurut MVP NBA empat kali itu, musim 2022-2023 berdampak buruk pada kondisi mental dan fisiknya.

Ternyata LeBron belum gantung sepatu. Setidaknya untuk musim ini. Ia akan menjalani musim ke-21 dan genap berusia 39 tahun pada 30 Desember mendatang.

Tidak hanya rekor poin terbanyak NBA. LeBron juga menatap rekor abadi sebagai pencetak poin terbanyak di dunia. Rekor tersebut saat ini dipegang oleh Oscar Schmidt dengan 49,737 poin. Sedangkan raihan LeBron akan terus berjalan pada titik 48,080 poin. (rag)

Foto: Gary A. Vasquez/USA Today Sports

Komentar