IBL

Trash talk atau kata-kata hinaan sudah menjadi hal umum dalam NBA. Trash talk biasanya dianggap sebagai hiburan dan terjadi karena pertandingan yang begitu kompetitif. Trash talk bisa menjadi bagian dari permainan mental.

Dalam wawancara dengan GQ Sports, Patrick Beverley memilih starting five yang berisi pemain-pemain yang paling berisik dan sering bikin gaduh. Termasuk dirinya sendiri. “Tim” tersebut berisi Draymond Green, Kevin Durant, Luka Doncic, Russell Westbrook, dan Patrick Beverley sendiri.

“Tentu saja ada Draymond dan KD. Luka Doncic yang sangat rendah hati. Saya sudah pasti masuk dalam daftar ini. Russ? Ya tentu saja Russ juga. Tim kecil yang keren,” kata pemain yang musim ini berseragam Philadelphia 76ers itu.

Beverley sudah akrab dengan trash talk. Bahkan selalu masuk dalam daftar pemain yang sering berkomentar pedas. Saking berisiknya, Beverley pernah mendapat denda karena berkomentar buruk tentang mantan timnya, Los Angeles Clippers.

Selain dirinya sendiri, Beverley memilih Draymond Green menjadi diurutan pertama. Pemain Golden State Warriors itu memang dikenal sebagai pemain yang sangat vokal.

Salah satu momen trash talk Draymond yang paling terkenal adalah perkataannya kepada Paul Pierce yang menjalani musim terakhir dengan Clippes  pada 2017. Draymond menyebut Pierce tidak akan mendapat momen perpisahan dari Clippers karena dia bukanlah seorang Kobe Bryant.

Selain dikenal sebagai salah satu pemain paling produktif saat ini, KD juga merupakan trash talker yang handal. Kemampuan trash talk KD diakui oleh Draymond. Mereka sama-sama memperkuat Warriors pada 2016-2019. “KD membuatmu merasa buruk dengan dirimu sendiri dan bahwa kamu pernah mengatakan hal yang tidak berguna. Itu hal terlucu di dunia,” kata Draymond saat itu.

Trash talk tidak selalu kata-kata hinaan. Bahkan ada yang menjadi momen lucu. Luka Doncic pernah mengakui bahwa ia sangat menikmati trash talk. Menurut pemain asal Slovenia itu trash talk adalah yang yang menyenangkan dan ia malah suka saat orang menguji mentalnya dengan kalimat-kalimat pedas.

Beverley menambahkan Westbrook karena sama-sama pernah setim di Lakers. Westbrook sendiri memang tidak meledak-ledak. Tapi lebih halus dan tepat sasaran. Seperti saat mengucapkan perpisahan kepada KD yang meninggalkan Oklahoma demi menjadi juara dengan Warriors. (rag)

Foto: NBA

Komentar