IBL

Reebok mengalami masa keemasan tahun 80-an hingga awal 2000an. Merek Reebok merupakan kekuatan sejati yang diperhitungkan dalam pasar sepatu basket, dan sepatu lifestyle. Namun mereka tidak lagi diperhitungkan di pasar sepatu basket. Reebok mengalami kemunduran setelah dilepas adidas. Kini mereka berniat untuk bangkit lagi, lewat dua pemain legendarisnya, yaitu Shaquille O'Neal dan Allen Iverson.

Reebok diakuisisi oleh Authentic Brands Group (ABG) pada tahun 2022 dari adidas dengan harga yang dilaporkan sebesar 2,5 miliar dolar Amerika. Dengan akuisisi merek tersebut baru-baru ini, organisasi tersebut berupaya mendapatkan keuntungan dalam pasar bola basket. Mereka akhirnya mengambil langkah strategis untuk memenuhi ambisi tersebut. 

Shaquille O'Neal ditunjuk sebagai Presiden Reebok Basketball. Lalu, Shaq tidak akan menangani tugasnya sendirian, karena Hall of Famer lainnya, Allen Iverson, ditunjuk sebagai Wakil Presiden. Dua duta fenomenal Reebok di masa lalu ini akan diberi tugas berat untuk mengembalikan merek tersebut ke percaturan pasar sepatu basket. O'Neal akan bertanggung jawab atas perekrutan pemain dan pengembangan bisnis.

"Sekarang kami pasti ingin kembali berkompetisi untuk apa yang pernah menjadi milik kami di masa lalu. Kami akan meluncurkan performance product pada tahun 2024 untuk diuji, dan kemudian kami akan meluncurkan ke konsumen secara resmi pada tahun 2025," kata Shaq, dalam sebuah wawancara dengan Ben Felderstein dari Complex.

O'Neal juga mengatakan bahwa perusahaan akan mencari pemain yang dapat mengangkat nama Reebok lebih cepat. Tetapi pemain seperti itu sulit untuk dicari sekarang. Namun setidaknya dengan adanya Allen Iverson, maka Shaq bisa lebih jeli dalam memilih duta dan mengembangkan produknya. 

"Jadi kami akan mencari cara untuk membuat gebrakan baru. Tidak hanya dari atlet pria saja, kami akan mencari atlet wanita, dan influencer di olahraga lain. Sekali lagi, sebagai presiden operasi bola basket yang baru, saya menantikan kesempatan ini," sambung Shaq. 

Sebenarnya, apakah Reebok benar-benar hilang dari pasaran? Ternyata tidak, Dimitrije Curcic dari Run Repeat melaporkan bahwa ada lima sepatu Reebok Basketball yang masih diproduksi dengan baik. Mereka juga masih dijual, dan penggemarnya masih banyak. Lima sepatu tersebut adalah Reebok Shaq Attaq, Reebok Question Mid, Reebok Blast, Reebok Answer DMX, dan Reebok Answer IV. Kelima sepatu tersebut paling laku di tahun 2023. (*)

Foto: TheScore.com

Komentar