IBL

NBA telah mempromosikan Intae Hwang dan Sha'Rae Mitchell menjadi staf wasit penuh waktu untuk musim mendatang. Kedua wasit tersebut sebelumnya memimpin pertandingan NBA G League. Mereka diangkat menjadi wasit inti di NBA untuk musim 2023-2024.

Keputusan promosi Intae Hwang ini diumumkan hari ini oleh Monty McCutchen, Wakil Presiden Senior NBA, Kepala Pengembangan dan Pelatihan Wasit. Hwang adalah penduduk asli Korea Selatan yang pindah ke New Jersey pada tahun 2020 dengan harapan menjadi wasit di Amerika Serikat. Dia bekerja tujuh pertandingan sebagai ofisial non-staf musim lalu, dan juga pernah bekerja di G League, WNBA, Olimpiade Musim Panas dan Piala Dunia Bola Basket.

Intae Hwang mengenal bola basket di sekolah menengahnya di Masan, Korea Selatan. Saat itu tahun 1993, empat tahun sebelum Liga Bola Basket Korea didirikan dan sebelum pertandingan NBA tersedia di televisi Korea Selatan. Saat menjadi mahasiswa baru di Busan University of Foreign Studies, ia mencoba dan gagal melakukan dunk pada paruh waktu pertandingan amatir melawan perguruan tinggi saingannya. 

Lalu Kirok Shin, seorang senior, memarahi Hwang karena pelanggaran yang mencolok dan memutuskan untuk menanyainya tentang poin-poin penting bola basket, seperti panjang lapangan, keliling bola dan jumlah kait di tepi jaring. Hwang gagal dalam tes dadakan dan menyadari bahwa dia ingin mengetahui semua yang dia bisa tentang permainan tersebut. Shin kebetulan adalah wasit lokal, dan dia membantu menginspirasi Hwang untuk meniup peluit untuk pertama kalinya pada tahun 2004.

Pandangan sekilas ke halaman sekolah dan kesempatan bertemu dengan Shin menempatkan Hwang, di jalur untuk menjadi wasit staf NBA pertama dari luar Amerika Utara. Untuk mencapai titik ini, Hwang mengajak istrinya, Heejung Kang, dan dua anaknya pindah ke Fort Lee, New Jersey. Sehingga ia dapat menerima undangan ke Program Pengembangan Wasit NBA, yang melatih wasit untuk NBA, WNBA, dan G League. 

Foto: nba.com

Selain Hwang, ada wasit perempuan Sha'Rae Mitchell yang juga resmi jadi wasit NBA 2023-2024. Mitchell menjadi wasit 11 pertandingan musim reguler sebagai wasit non-staf selama musim NBA 2022-23. Dia telah memimpin lima musim di NBA G League dan dua musim di WNBA. Wasit asli California ini juga memiliki pengalaman memimpin bola basket perguruan tinggi selama lima tahun, dengan penugasan di konferensi Pac-12, West Coast, Big Sky, dan Western Athletic.

"Kami sangat senang menyambut Intae dan Sha’Rae menjadi staf penuh waktu kami," kata wakil presiden senior NBA untuk pengembangan dan pelatihan wasit, Monty McCutchen. "Mereka unggul dalam bidang kinerja mereka dan berhak memimpin pertandingan NBA secara teratur."

NBA memiliki 74 wasit penuh waktu dan delapan wasit non-staf lainnya untuk musim ini. Musim reguler NBA 2023-2024 akan dimulai pada Selasa, 24 Oktober 2023 waktu Amerika Serikat. Dibuka dengan pertandingan antara Denver Nuggets menjamu Los Angeles Lakers. (*)

Foto: Sideline Sources

Komentar