IBL

Kristaps Pozingis akhirnya memberikan penjelasan mengenai dirinya yang absen di Piala Dunia FIBA 2023. Dalam konferensi pers pertamanya bersama Boston Celtics, Porzingis mengatakan bahwa tubuhnya baik-baik saja, hanya saja kakinya bermasalah. Menurut Porzingis, indikasi cedera yang dia alami karena ganti sepatu. 

Bila kita mengikuti perkembangan Piala Dunia FIBA 2023, khususnya di Jakarta, maka akan kagum dengan penampilan Latvia. Mereka berhasil mengalahkan Prancis dan Spanyol, serta finis di peringkat kelima. Prestasi ini dicapai tanpa kehadiran Kristaps Porzingis. 

Dia memang datang ke Indonesia Arena di Jakarta, tapi Porzingis dilaporkan menderita cedera tepat sebelum turnamen tersebut dimulai. Selama di Jakarta, Porzingis tidak menceritakan detail cederanya. Baru pada NBA Media Day, pemain baru Boston Celtics tersebut akhirnya buka suara. 

"Saya pikir hal ini bermula karena saya mengganti sepatu setelah musim kompetisi berakhir. Karena itu membuat kaki sedikit sensitif. Saya tidak terlalu memperhatikannya, dan terus bermain karena kamp pelatihan untuk tim nasional kami akan segera dimulai. Sebenarnya saya dalam kondisi sangat baik dan merasa baik-baik saja, tetapi kaki saya sedikit mengganggu, jadi saya memberi tahu staf medis. Mereka menyuruh saya beristirahat," kata Porzingis, dikutip dari Boston Herald

Porzingis sedih karena tidak bisa bermain di Piala Dunia FIBA 2023. Karena Latvia baru pertama kali tampil pada turnamen tersebut. Tetapi mantan pemain New York Knicks, Dallas Mavericks, dan Washington Wizards tersebut mengatakan kalau ini adalah keputusan yang tepat. 

"Keputusan cerdas bagi saya adalah duduk dan memastikan kaki saya pulih sebelum saya memulai musim, dan itulah yang saya lakukan," jelasnya. "Memang ini adalah keputusan yang sulit. Tidak bisa bermain untuk negara saya di Piala Dunia FIBA adalah masalah besar bagi saya, sungguh menyakitkan hati. Tapi saya tahu itu adalah keputusan yang tepat, dan saya senang saya mengambil keputusan sulit pada saat itu, dan sekarang saya seratus persen pulih untuk memulai musim NBA bersama Celtics."

Porzingis tidak menjelaskan secara rinci tentang pergantian sepatu tersebut. Mereka apa atau model seperti apa. Tampaknya dia tidak mau memberikan kesan buruk pada produsen sepatu olahraga. Namun yang terpenting, badai sudah berlalu. Porzingis siap memulai musim yang barus bersama Celtics. 

"Sebenarnya saya bisa saja memainkan lebih dari 70 pertandingan. Tetapi saya melewatkan sebagian besar pertandingan tersebut karena kaki saya sakit. Setiap hari saya harus berbicara dengan staf medis. Mereka yang akan memberi tahu saya, kapan main dan kapan istirahat. Tapi kini semuanya sudah kembali normal," katanya. 

Pulihnya Porzingis menjadi kabar gembira bagi penggemar Celtics. Karena dia dianggap sebagai pemain kunci yang selama ini dibutuhkan oleh Celtics. Meski untuk mendapatkannya, Celtics harus merelakan Marcus Smart. Tetapi belakangan, Celtics juga mendapatkan Jrue Holiday sebagai garda baru yang akan mengisi posisi Smart. (*)

Foto: nba.com

Komentar