IBL

Rasanya sudah sering mendengar bahwa Michael Jordan merupakan atlet yang tajir melintir di dunia. Sudah bosan menghitung jumlah kekayaannya karena memang tak terbayang banyaknya. Baru-baru ini Jordan masuk daftar 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi majalah Forbes. Jordan menjadi atlet pertama yang masuk daftar tersebut.

Dalam laporan majalah Forbes tersebut, legenda Chicago Bulls itu menempati posisi ke-379 dari 400 orang terkaya di AS. Jordan diperkirakan memiliki jumlah kekayaan sebesar AS$3 miliar.

Urutan pertama dalam daftar itu adalah Elon Musk. CEO Tesla dan SpaceX itu memiliki jumlah kekayaan AS$251 miliar. Jeff Bezos mengikuti di posisi kedua dengan jumlah AS$161 miliar.

Forbes memang tidak merilis daftar aset Jordan. Tetapi kekayaannya melonjak dua kali lipat setelah ia menjual saham mayoritas Charlotte Hornets. Kekayaan Jordan dilaporkan sebesar AS$1,7 miliar pada 2022 lalu.

Kekayaan Jordan bertambah pesat setelah ia menjual kepemilikan mayoritas Hornets pada Agustus lalu kepada Gabe Plotkin dan Rick Schnall. Meski begitu, Jordan tercatat masih memiliki saham minoritas. Jordan membeli saham mayoritas Hornets pada 2010 dengan harga AS$275 juta.

Pemilik gelar enam gelar NBA, enam MVP Final NBA, dan lima MVP liga dalam 15 musim itu resmi menyandang status miliarder sejak 2015. Pendapatan terbesarnya berasal dari kerja sama dengan Nike dengan label Jordan. Royalti Jordan dari Nike sendiri mencapai AS$260 juta. Kemudian kontrak menguntungkan lain dengan Hanes, Gatorade, McDonald’s, hingga Upper Deck.

Tidak hanya jumlah kekayaannya yang masuk rekor. Jordan juga memecahkan sumbangan terbesar untuk yayasan Make A Wish America yang berusia 43 tahun itu. Memperingati ulang tahun Jordan yang ke-60 pada 17 Februari lalu, ia menyumbang AS$10 juta untuk yayasan tersebut. (rag)

Foto: Sports Illustrated

Komentar