IBL

Denver Nuggets meraih gelar NBA 2022-2023. Mereka mencetak sejarah dengan merebut cincin pertamanya. Padahal Nuggets awalnya bukan tim yang difavoritkan juara. Kejutan mungkin bisa terjadi lagi di musim ini.

Berikut beberapa tim yang berlabel kuda hitam yang tidak difavoritkan juara tetapi masih memiliki peluang mencuri gelar NBA 2023-2024:

Los Angeles Lakers

Lakers telah belajar dari kesalahan musim lalu. Mereka terlambat panas. Setelah tertatih-tatih di awal musim 2022-2023, Lakers akhirnya melaju ke final Wilayah Barat. Tapi tak cukup kuat untuk membendung Denver Nuggets.

Kini Lakers bersiap lebih awal. Mereka menambah Gabe Vincent, Taurean Prince, Cam Reddish, Jaxson Hayes, dan Christian Woods melalui agen bebas. Anthony Davis dan LeBron James diharapkan bisa lebih fit dibanding musim lalu. Austin Reaves mengalami kemajuan cukup pesat terutama saat membela AS di Piala Dunia FIBA 2023.

Lakers terakhir kali juara pada musim 2019-2020. Saat itu NBA “terganggu” dengan pandemi Covid-19 dan mengharuskan kejuaraan dilakukan dengan sistem gelembung di Florida.

Golden State Warriors

Ini akan menjadi musim pertama Warriors di bawah komando manajer umum baru yaitu Mike Dunleavy. Warriors kemudian membuat kejutan dengan mengakuisisi Chris Paul dan mengirim Jordan Poole ke Washington.

Banyak yang menganggap ini berisiko tapi juga ada keuntungannya. Warriors butuh kedalaman roster di bangku cadangan. Jika Chris Paul bisa mengambil peran tersebut asalkan dalam kondisi fit.

Warriors juga masih memiliki Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green yang bersiap memenangkan gelar kelima mereka. Musim lalu mereka gagal setelah terhenti di semifinal Wilayah Barat oleh Lakers.

Los Angeles Clippers

Clippers punya dua bintang, Kawhi Leonard dan Paul George. Pelatih sekaliber Tyronn Lue. Serta pemilik yang loyal. Sayangnya, kesempatan untuk memenangkan gelar sering terhambat dengan permasalahan cedera pemain-pemain utamanya.

Jika Kawhi dan Paul George tetap fit, mereka memiliki peluang lebih besar. Russell Westbrook juga akan melanjutkan tugas yang ia lakukan dengan efektif pada musim lalu. Meski harus terhenti di babak pertama playoff oleh Suns.

Dallas Mavericks

Mavs sebenarnya masuk 10 besar dalam bursa juara NBA 2023-2024. Mereka memiliki waktu panjang di jeda musim setelah terdepak dari playoff. Mavs melengkapi kembali roster dan punya kesempatan mengulang hasil 2022 dengan menembus semifinal Wilayah Barat. Jika Luka Doncic dan Kyrie Irving bermain bersama secara efektif, mungkin Mavs bisa memberi kejutan musim ini. (rag)

Foto: NBA

Komentar