IBL

Timnas Indonesia akan memulai langkah di Asian Games 2023 besok. Tim asuhan Milos Pejic itu telah berangkat ke Hangzhou, Cina pada Sabtu (23/9) lalu. Indonesia membawa 12 pemain dalam Asian Games ke-19 itu.

Menurut daftar pemain Indonesia yang tercantum di website resmi Asian Games 2023, nyaris seluruh pemain Indonesia berstatus debutan di Asian Games. Hanya Kaleb Ramot Gemilang yang tersisa dari skuad Asian Games 2018. (daftar lengkap ada di bawah)

Kemudian dari skuad Indonesia yang meraih emas SEA Games 2022 terdapat tiga pemain saja. Mereka adalah Vincent Rivaldi Kosasih, Juan Laurent Kokodiputra, dan Yudha Saputera.

Saat ditemui di GBK Arena, Jakarta pada 18 September lalu, Manajer Timnas Indonesia Jeremy Santoso mengungkapkan roster ini sesuai dengan jadwal ketersediaan pemain yang ada.

Beberapa pemain utama Indonesia seperti Derrick Michael Xzavier dan Zane Adnan harus mengikuti jadwal NCAA. Marques Bolden pun dikontrak dua arah dengan Milwaukee Bucks. Kemudian Andakara Prastawa, Brandon Jawato, dan Agassi Goantara sedang cedera.

“Jadi, kami tidak bisa semena-mena karena balik lagi saat IIBI (Indonesian International Basketball Invitational) mereka sedang tersedia. Jadi, otomatis balik. Coba Asian Games pas bulan itu, mereka ya main semua,” ujarnya.

Dalam Asian Games 2022 ini Indonesia masuk Grup D bersama Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Indonesia menargetkan diri masuk delapan besar. Bisa menempati posisi ketiga dengan satu kemenangan sudah membuat Indonesia lolos fase grup.

Indonesia akan menjalani laga perdana melawan Korea Selatan besok di Zhejiang University Gymnasium pada pukul 17.30. Kemudian bertemu Jepang pada Kamis (28/9) dan Qatar pada Sabtu (30/9). (rag)

 

Berikut roster pemain Indonesia Asian Games 2023:

Anthony Beane Jr.

Kaleb Ramot Gemilang

Karl Patrick Gloria Utiarahman

Juan Laurent Kokodiputra

Vincent Rivaldi Kosasih

Yesaya Saudale

Muhamad Arighi Hadran Noor

Aldy Izzatur Rachman

Kelvin Sanjaya

Yudha Saputera

Hendrick Xavi Yonga

Widyanta Putra Teja

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar