IBL

Timnas Indonesia masuk grup berat di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Tim Merah Putih bersaing dengan Australia, Korea Selatan, dan Thailand. Pertandingan kualifikasi tersebut akan berlangsung pada November 2023 hingga Februari 2025.

Australia sendiri berstatus sebagai juara bertahan FIBA Asia Cup. The Boomers menjadi pemenang pada pertandingan yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta. Pada laga puncak FIBA Asia Cup 2022 lalu, Australia menumbangkan Lebanon.

Indonesia juga pernah satu grup dengan Australia di fase penyisihan FIBA Asia Cup 2022. Saat itu Indonesia lolos putaran final dengan status sebagai tuan rumah. Pada FIBA Asia Cup 2022 itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Australia 53-78.

Indonesia juga pernah satu grup dengan Korea Selatan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2022. Indonesia kalah 81-104.

Dalam Kualifikasi FIBA Asia Cup 2022 itu, Indonesia menempati posisi ketiga. Mereka mengemas 2 kemenangan dari 6 gim. Indonesia berada di bawah Filipina dan Korea Selatan. Serta hanya unggul dari Thailand.

Dari sejarah partisipasi Indonesia di level Asia ini, mereka tidak lolos kualifikasi tiga edisi beruntun pada 2013-2017. Indonesia baru bisa lolos sebagai tuan rumah pada edisi 2022.

Sebanyak dua tim teratas akan lolos ke putaran fina FIBA Asia Cup 2025. Untuk peringkat ketiga akan masuk turnamen kualifikasi. Nantinya ada empat dari enam tim dari peringkat ketiga terbaik yang akan mendapatkan tiket terakhir ke putaran final.

FIBA Asia Cup 2025 akan diikuti 12 negara. Jumlah ini lebih sedikit dari edisi sebelumnya yang diikuti 16 negara. Tuan rumah FIBA Asia Cup 2025 sendiri belum ditentukan. (rag)

 

Hasil Undian Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025:

Grup A

Thailand, Australia, Korea Selatan, Indonesia

 

Grup B

Taiwan, Hongkong, Filipina, Selandia Baru

 

Grup C

Cina, Guam, Jepang, Mongolia

 

Grup D

Irak, Yordania, Palestina, Arab Saudi

 

Grup E

Iran, Kazakhstan, India, Qatar

 

Grup F

Bahrain, Suriah, Lebanon, Uni Emirat Arab

 

Foto: FIBA

Komentar