IBL

Jerman menyudahi perjalanan babak grup mereka dengan sapu bersih, Selasa (29/8). Menghadapi Finlandia di gim ketiga Grup E, Jerman menang telak 101-75. 

Menutup kuarter pembuka dengan keunggulan, Finlandia tak kuasa menahan Jerman di tiga kuarter selanjutnya. Jerman yang dilatih Gordie Herbert tak pernah mencetak kurang dari 25 poin di tiga kuarter selanjutnya dan melaju mulus sebagai juara grup. 

Masih tanpa Franz Wagner yang cedera engkel di gim pertama, Dennis Schroder terus mengambil peran sebagai pemimpin tim. Bermain 22 menit, Dennis mencetak 15 poin dan 4 asis. Torehan ini membuat Dennis selalu mencetak dua digit poin di seluruh laga bersama Jerman di Piala Dunia FIBA. 

Mantan pemain NBA, Isaac Bonga juga mencetak 15 poin selama 18 menit bermain. Johannes Thiemann menambahkan 13 poin dan 4 asis. Bonga dan Thiemann masing-masing hanya meleset sekali hari ini. 

Moritz Wagner 12 poin sedangkan Andreas Obst menutup daftar dengan 11 poin. Seluruh 11 pemain Jerman berhasil mencetak poin. 

Untuk Finlandia, Olivier Nkamhoua memimpin tim dengan 14 poin. Lauri Markkanen dan Ilari Seppala masing-masing menambahkan 12 poin. Ini adalah kali kedua Finlandia kemasukan 100+ poin di delapan laga keikutsertaan mereka di Piala Dunia FIBA. 

Sebaliknya untuk Jerman, ini adalah kemenangan perdana mereka atas sesama tim Eropa di Piala Dunia FIBA sejak 2010. Ini pun jadi jarak kemenangan terbesar atas tim Eropa yang ditorehkan Jerman. Rekor sebelumnya adalah 18 poin atas Turki di Piala Dunia FIBA 2002. 

Di ronde kedua, Jerman akan masuk ke Grup K dan menanti peringkat dua Grup F yang akan diperebutkan oleh Georgia dan Tanjung Verde. Finlandia akan bergeser ke babak klasifikasi peringkat akhir. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar