IBL

Tim Asia kembali menelan kekalahan. Kali ini Iran menjadi tim kelima yang tumbang di Piala Dunia FIBA 2023 setelah Lebanon, Filipina, Jepang, dan Yordania. Dalam pertandingan di Indonesia Arena, Jakarta pada Sabtu (26/8) itu, Iran takluk 59-100.

“Kami bermain dengan baik. Mengawali pertandingan dengan energi yang bagus. Termasuk dalam segi offense dan defense. Kami bisa melakukan rotasi dan semua pemain memberikan kontribusinya,” kata Bruno Caboclo.

Brazil tak terkejar dan memperbesar keunggulan tiap kuarter. Brazil mencapai puncaknya dengan memimpin 42 poin di lima menit akhir. Brazil juga menghujam Iran dengan 41 persen tripoin (14/34).

Bruno Caboclo memimpin dengan 16 poin dan 7 rebound. Yugo Santos mencetak 14 poin. Tim Soares menyumbang 13 poin dengan 3 tripoin tepat sasaran. Dari bangku cadangan Marcelino Huertas memberikan 10 poin dan 6 asis.

“Pertadingan pertama dengan hasil yang bagus. Transisi dari offense ke defense juga baik. Kami memiliki tim yang solid. Saya rasa ini merupakan kunci dari kemenangan ini. Kami harus melanjutkan performa ini ke pertandingan berikutnya,” tutur Gustavo Conti, pelatih Brazil.

Dari kubu Iran Matin Aghajanpur dengan 11 poin. Hamed Haddadi dengan 10 poin. Iran kehilangan 29 poin dari 19 turnover. Iran juga memberi peluang Brazil yang bisa memperoleh 16/21 tembakan gratis.

“Mereka memang mencetak poin lebih baik daripada kami. Margin skor tidak terlalu jauh di paruh pertama. Tapi selisih lebih dari 40 poin itu juga karena hasil paruh pertama dan kami kehilangan konsentrasi,” kata pelatih Iran Hakam Demir. (rag)

Pertandingan grup G berikutnya berlangsung pada lusa. Brazil akan menantang juara bertahan Spanyol. Sedangkan Iran mencari peluang dengan berhadapan dengan Pantai Gading. (rag)

Foto: FIBA

Komentar