IBL

Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia, Jepang, dan Filipina sudah dimulai. Tercatat ada 55 pemain NBA aktif yang berlaga di turnamen tersebut. Jumlah ini merupakan rekor pemain NBA terbanyak sepanjang sejarah turnamen. 

Pada edisi Piala Dunia FIBA tahun 2019, ada sekitar 54 pemain NBA aktif. Sementara, kalau dilihat dari pengalaman NBA, jumlahnya menjadi 103. Tetapi di FIBA World Cup 2023, jumlah pemain NBA aktif menjadi 55 pemain. Sedangkan kalau dilihat dari kategori pemain NBA, pemain yang pernah bermain di NBA, dan pemain Draft NBA, maka jumlahnya menjadi 106 pemain. 

Faktanya ada 20 dari total 32 tim nasional yang berpartisipasi di Piala Dunia FIBA 2023, memiliki setidaknya satu pemain NBA aktif, atau pemain Draft NBA, atau pemain yang pernah bermain di NBA. Sementara itu, ada 10 pemain yang pernah terpilih sebagai All-Star. Mereka adalah: Anthony Edwards (Minnesota Timberwolves; AS), Shai Gilgeous-Alexander (Oklahoma City Thunder; Kanada), Luka Doncic (Dallas Mavericks; Slovenia), Rudy Gobert (Timberwolves; Prancis), Tyrese Haliburton (Indiana Pacers; AS), Brandon Ingram (Pelikan New Orleans; AS), Jaren Jackson Jr. (Memphis Grizzlies; AS), Lauri Markkanen (Utah Jazz; Finlandia), Karl-Anthony Towns (Timberwolves; Republik Dominika), Nikola Vucevic (Chicago Bulls; Montenegro).

Jumlah pemain NBA dalam satu tim, tentu saja ada di timnas Amerika Serikat dengan 12 pemain. Australia ada di peringkat kedua dengan sembilan pemain, Kanada punya tujuh pemain, dan terakhir ada Jerman dengan empat pemain NBA. 

Dari sisi klub, Orlando Magic, Utah Jazz, Oklahoma City Thunder, dan Minnesota Timberwolves punya lima pemain di Piala Dunia FIBA 2023. New York Knicks dan Dallas Mavericks punya empat pemain. Sementara itu, ada 54 pemain NBA G League di Piala Dunia FIBA 2023. Kemudian ada 16 pemain yang berpartisipasi di tiga musim pertama Liga Bola Basket Afrika (BAL). Liga ini dioperasikan NBA dan FIBA, yang diikuti 12 tim dari seluruh Afrika. 

Terakhir dari salah satu program NBA bernama Basketball Without Borders (BWB). Tercatat ada 87 pemain dari peserta FIBA World Cup 2023 yang pernah mengikuti program tersebut. BWB adalah program pengembangan komunitas bola basket global NBA dan FIBA yang telah dilakukan setiap tahun sejak tahun 2001. Program ini telah menghasilkan 112 pemain yang tampil di NBA dan WNBA. (*)

Foto: fiba.basketball

Komentar