IBL

ANTA mencoba untuk memaksimalkan momentum turnamen basket internasional untuk menambah popularitas. Mereka rela memberikan kontrak ekslusif untuk Jordan Clarkson yang sedang membela timnas Filipina, di Piala Dunia FIBA 2023. ANTA tidak ragu meski sepatunya hanya dipakai selama turnamen ini saja. 

Menurut data ballershoesdb.com, Clarkson adalah pemain yang setia dengan Nike. Selama dua musim bersama Cleveland Cavaliers, dia memakai Nike Kyrie 3 dan Kobe AD. Begitu juga selama tampil bersama Utah Jazz, dia terlihat beberapa kali memakai sepatu Jordan Brand dan Nike. Tetapi kali ini, Clarkson tampil di Piala Dunia FIBA mengenakan ANTA. 

Sebelum Piala Dunia FIBA 2023 dimulai, ANTA dan Clarkson menandatangani sebuah kesepakatan eksklusif. Isinya adalah Clarkson memakai ANTA selama turnamen tersebut, saat dirinya membela timnas Filipina. Dengan rincian selama 25 Agustus hingga 10 September 2023. Menariknya, kontrak ini hanya sebatas turnamen saja. Bukan tahunan, seperti layaknya kontrak-kontrak pemain NBA dengan merek sepatu. 

Ternyata, ANTA merasa bahwa kontrak mereka dengan Clarkson dirasa menguntungkan. Popularitas Clarkson di Filipina, akan membantu meningkatkan brand awareness merek tersebut. "Kami sangat gembira Jordan (Clarkson) memilih untuk memakai ANTA di panggung bola basket internasional terbesar, terutama dengan Filipina yang menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan tersebut. Ini adalah saat yang menyenangkan bagi merek ini dan dengan bergabungnya Jordan di dalamnya, akan semakin istimewa," kata manajer pemasaran ANTA Group Filipina Mikko Abello.

Foto: fiba.basketball

Dalam percaturan pasar sepatu basket, ANTA dianggap sebagai ancaman bagi merek-merek besar. Alasannya, mereka punya daftar duta yang cukup berpengaruh, seperti Klay Thompson, Gordon Hayward, hingga Kevon Looney. Sementara yang terakhir bergabung adalah Kyrie Irving, setelah delapan bulan berpisah dengan Nike. Pihak ANTA berharap apa yang dilakukan cabang Filipina, bisa menarik minat Jordan Clarkson untuk masuk ke dalam daftar tersebut. 

Menurut Spin.ph, pihak Jordan Clarkson kabarnya sedang membahas detail kontrak jangka panjang dengan ANTA. Hal tersebut ditegaskan oleh General Manager ANTA Group Filipina JP Paglinawa. "Piala Dunia FIBA ​​bisa dibilang salah satu turnamen bola basket terbaik di dunia. Menjadikan salah satu pemain top dunia menampilkan ANTA di kompetisi tingkat tertinggi memperkuat keyakinan, bahwa merek kami menghasilkan produk bola basket terbaik di pasar saat ini." 

Jordan Clarkson menandatangani perpanjangan tiga tahun senilai 55 juta dolar Amerika dengan Utah Jazz sebelum tiba di Manila. Pada tahun terakhirnya bersama Jazz, Clarkson mencatatkan rata-rata tertinggi dalam karirnya sebesar 20,8 poin, 4,0 rebound, dan 4,4 asis dalam 61 pertandingan.(*)

Foto: fiba.basketball

Komentar