IBL

Timnas putri Indonesia selangkah lagi untuk naik kasta ke Divisi A. Hal ini terjadi setelah mereka lolos ke babak final FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B. Dalam pertandingan semifinal Jumat (18/8) itu, Indonesia menumbangkan Thailand 65-57 di Nimibutr Stadium, Thailand.

Dalam pertandingan tersebut, nyaris unggul sepanjang laga. Thailand memberikan perlawanan ketat di pertengahan kuarter ketiga. Mereka memangkas jarak dengan menyisakan satu poin (36-35). Tetapi Indonesia berhasil menjaga momentum hingga akhir.

Indonesia memiliki field goal 36,7 persen dalam 25/36 tembakan. Berbanding 20/66 tembakan dari Thailand. Selain itu, Indonesia lebih agresif dengan merebut 16 offensive rebound dari total 36 rebound.

Kimberley Pierre-Louis meraih dobel-dobel dengan 12 poin dan 14 rebound. Ia juga menambah 3 asis dan 2 steal. Agustin Gradita Retong membantu dengan 10 poin dan 7 rebound. Nathania Orville dan Pricilla Karen memiliki angka identik 7 poin.

Amphawa Thuamon memimpin Thailand dengan 18 poin, 5 asis, dan 3 steal. Rattiyakorn Udomsuk memberikan 13 poin dan 7 rebound. Sasiporn Wangtapha menyusul dengan 11 poin dan 4 rebound.

Pertandingan final akan berlangsung besok pada pukul 17.30 WIB. Indonesia bertemu dengan Iran. Sebelumnya Iran telah mengalahkan Yordania 72-54 di babak semifinal.

Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi juara Divisi B. Ini pertemuan kedua dengan Iran di ajang ini. Indonesia pernah mengalahkan Iran 65-56 di babak penyisihan grup. Kemenangan itu membawa Indonesia lolos dengan status juara grup. Kini Indonesia belum terkalahkan dalam 4 laga.

Jika bisa lolos ke Divisi A, ini akan menjadi capaian besar. Sejak pembagian divisi dimulai pada 1990 lalu, Indonesia tidak pernah merasakan promosi ke Divisi A.  (rag)

Foto: FIBA

Komentar