IBL

Timnas putri Indonesia menjalani fase grup FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B dengan sempurna. Mereka menyapu bersih tiga kemenangan. Dengan hasil tersebut Indonesia memastikan diri ke semifinal sebagai juara grup A.

Dalam pertandingan di Nimibutr Stadium, Thailand pada Selasa (15/8) itu, Indonesia mengambil alih puncak klasemen grup A usai menumbangkan Iran 65-56. Pertandingan tidak berjalan dengan mudah bagi tim asuhan Marlina Hermawan itu.

Pada awal kuarter keempat Indonesia masih dalam posisi tertinggal empat poin. Setelah itu mereka langsung menemukan momentum. Dalam waktu enam menit Indonesia melaju 15 poin. Iran memberikan perlawanan berarti di sisa pertandingan.

Kimberley Pierre-Louis menjadi pembeda dalam pertandingan ini. Ia menjadi satu-satu pemain Indonesia yang meraih dua digit angka. Kimberley mencetak 26 poin dari 7/17 tembakan. Ia memasukkan 75 persen tembakan gratis dari 15 kesempatan. Kimberley melengkapi dengan dobel-dobel 15 rebound serta 5 asis.

Clarita Antonio membantu dengan 9 poin dan 2 rebound. Ayu Sriartha memberikan kontribusi 8 poin. Agustin Gradita Retong menyusul dengan 5 poin, 6 rebound, 6 asis, dan 2 steal. Indonesia mendapatkan total 31 tembakan gratis dan berhasil memasukkan 71 persen.

Sementara itu dari pihak Iran ada dua pemain yang meraih dobel digit. Negin Rasoulipur menjadi yang terbanyak dengan 16 poin, 5 rebound, 3 asis, dan 3 steal. Faezeh Shahriari dengan 12 poin, 2 rebound, dan 2 steal.

Babak semifinal akan berlangsung pada Jumat (18/8) mendatang. Indonesia masih menunggu lawan yang merupakan pemenang dari pertandingan kualifikasi semifinal.

Jika bisa meneruskan tren positif ini, Indonesia menyisakan dua langkah untuk promosi ke Divisi A. Hanya juara dari Divisi B yang berhak lolos ke FIBA Women’s Asia Cup 2025 Divisi A.

Pada edisi sebelumnya, langkah Indonesia terhenti di semifinal. Mereka kalah dari Lebanon. Indonesia menutup FIBA Women’S Asia Cup 2021 di posisi ketiga usai menghentikan Kazakhstan. (rag)

Foto: FIBA

Komentar