IBL

Timnas Indonesia memilih 11 pemain untuk mengikuti Pra Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Event tersebut akan berangsung pada 11-20 Agustus mendatang di Suriah. Tim Merah Putih akan bertolak ke Suriah besok. Mereka terbang menuju Lebanon dilajutkan perjalanan darat ke Damaskus.

Dalam 11 nama tersebut, ada tiga yang akan menjalani debutnya dengan timnas di turnamen resmi. Mereka adalah Antoni Erga, Reza Guntara, dan Pandu Wiguna. Sebelumnya mereka juga bermain untuk timnas (Erga di Indonesia Patriots) saat Indonesia International Basketball Invitational (IIBI).

Dalam event FIBA setiap negara memang hanya diperbolehkan menggunakan satu pemain naturalisasi. Kali ini Indonesia memilih membawa Marques Bolden. Selain Bolden, pada IIBI lalu Indonesia sempat memanggil Anthony Beane Jr.

Manajer Jeremy Santoso mengatakan bahwa ini adalah skuad terbaik Indonesia saat ini. Beberapa pemain senior timnas tidak ikut serta. Beberapa diantara mereka mengalami cedera. Seperti Agassi Goantara, Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Brandon Jawato, dan Vincent Kosasih sedang jalani operasi lasik.

“Kemudian ada beberapa pemain sedang ada kegiatan personal. Jadi, berhalangan hadir di Pra Kualifikasi ini. Namun, inimenjadi kesempatan bagi para pemain yang sebelumnya belum dipanggil timnas untuk ajang internasional menunjukkan diri,” ujar Jeremy.

Dalam Pra Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 ini zona Asia dibagi dalam dua grup. Indonesia berada di grup B bersama Suriah, Kazakhstan, dan Arab Saudi. Untuk grup A berisi Korea Selatan, Taiwan, India, dan Bahrain.

Grup B akan bertanding di Al-Fayhaa Sports Arena, Damaskus. Indonesia akan melawan Arab Saudi pada 13 Agustus, lalu bertemu Kazakstan pada 14 Agustus, dan menghadapi Suriah pada 16 Agustus. Dua tim teratas akan lolos ke babak semifinal. Kemudian pemenang dari pra kualifikasi ini berhak mengikuti fase kualifikasi utama. (rag)

 

Daftar Timnas Indonesia Pra Kualifikasi Olimpiade:

1. Yudha Saputera

2. Widyanta Putra Teja

3. Antoni Erga

4. Althof Dwi Satrio

5. M. Arighi

6. Reza Guntara

7. Pandu Wiguna

8. Juan Laurent Kokodiputra

9. Kelvin Sanjaya

10. Hendrick Xavi Yonga

11. Marques Bolden

 

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar