IBL

Timnas bola basket Australia atau yang biasa disebut Boomers, memangkas roster dari 19 menjadi 15 pemain. Hal ini dilakukan 19 hari sebelum Piala Dunia FIBA 2023, di Indonesia, Filipina, dan Jepang. Tiga pemain yang dicoret dari daftar adalah Thon Maker, Sam Froling, dan Keanu Pinder. 

Kepala pelatih Boomers Brian Goorjian mengaku sulit untuk melakukan pencoretan ini. Karena ketiganya punya kemampuan yang bagus. "Ini adalah tim elit dengan begitu banyak talenta. Tidak mudah untuk melakukan pencoretan. Tetapi kami hanya dapat membawa 12 orang ke Okinawa (Jepang)," kata Goorjian dalam sebuah pernyataan.

Pemain NBA Thon Maker, serta pemain NBL Sam Froling dan Keanu Pinder tidak akan bergabung dengan tim Australia di Melbourne untuk pertandingan pemanasan melawan Venezuela, Brasil dan Sudan Selatan pada 14, 16 dan 17 Agustus 2023. Kalau mencermati pernyataan Goorjian di atas maka tiga pemain lainnya, dari 15 pemain yang ada sekarang juga terancam dicoret. 

"Saya sangat menghormati Sam, Thon dan Keanu dan kontribusi mereka. Saya kecewa karena mereka tidak bisa ikut bersama kami, tetapi mereka semua menghormati prosesnya dan datang ke kamp memahami apa yang ingin kami capai di sini," jelas Goorjian.

Meski begitu, juara bertahan Asia Cup, dan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu masih memiliki roster yang lengkap. Ada sepuluh pemain aktif NBA masih berada di roster, yaitu Xavier Cooks dari Washington Wizards, Dyson Daniels dari New Orleans Pelicans, Dante Exum dan Josh Green dari Dallas Mavericks, Josh Giddey dan Jack White dari Oklahoma City Thunder, Joe Ingles dari Orlando Magic, Jock Landale dari Houston Rockets, Patty Mills dari Atlanta Hawks, dan Matisse Thybulle dari Portland Trail Blazers.

Melengkapi tim tersebut ada mantan pemain NBA, yang bisa disebut pemain senior di Boomers. Mereka adalah Matthew Dellavedova, Nick Kay, Will McDowell-White, dan Duop Reath. Boomers tergabung dengan di Grup E bersama Jerman, Finlandia, dan tuan rumah Jepang di babak penyisihan Piala Dunia FIBA 2023. (*)

Foto: The Examiner

Komentar