IBL

Federasi Bola Basket Amerika Serikat (USAB) memberikan gambaran yang gamblang terkait timnas yang akan tampil di Piala Dunia FIBA 2023. Gambaran tersebut sangat lengkap mulai dari usia, data statistik, hingga tekanan besar yang akan dibebankan kepada 12 pemain. Tetapi yang patut digaris bawahi, dari roster Amerika Serikat tahun ini, tidak ada pemain senior. Dengan kata lain, tidak ada pemain yang tampil untuk timnas di ajang intenasional sebelumnya. 

Roster Amerika Serikat terdiri dari Jalen Brunson, Tyrese Haliburton, Brandon Ingram, Anthony Edwards, Mikal Bridges, Cameron Johnson, Austin Reaves, Josh Hart, Paolo Banchero, Jaren Jackson Jr., Bobby Portis, dan Walker Kessler. Beberapa dari nama-nama di atas memang pernah tergabung di timnas Amerika Serikat untuk kelompok usia (turnamen di bawah usia 19 tahun). Tetapi tidak satu pun dari 12 pemain tersebut yang pernah bermain untuk timnas senior. Jadi ini menjadi timnas Amerika Serikat pertama dengan semua anggotanya adalah pemain NBA, yang tidak punya pengalaman menjadi timnas senior. 

USAB juga merilis data bahwa tidak ada pemain timnas tahun ini yang masuk All-NBA. Tetapi bukan timnas dengan rata-rata usia termuda. Karena bila dijumlahkan, rata-rata usia pemain di Piala Dunia FIBA 2023 adalah 25,2 tahun. Sementara timnas termuda dicatat oleh tim Olimpiade 2004 dengan rata-rata usia 24,1 tahun. Tetapi lima dari 12 pemain timnas 2023 punya pengalaman setidaknya tiga tahun di NBA. 

Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia FIBA 2023 juga tidak punya pemain berlabel bintang. Mungkin hanya Paolo Banchero saja yang punya gelar Rookie of The Year. Sisanya tidak ada yang mendapatkan gelar individu. Tetapi mereka punya rata-rata menit bermain di NBA sebanyak 31,4 menit untuk musim 2022-2023. Rata-rata menit terendah kedua untuk timnas dengan pemain NBA sejak 2008. Oleh sebab itu, USAB membuat jargon untuk timnas kali ini berbunyi "The Future Is Now". 

Meski mengusung pemain-pemain muda, tetapi target yang dibebankan sangat berat. Terakhir kali Amerika Serikat berkompetisi di Piala Dunia FIBA, mereka mengalami penyelesaian terburuk dalam 18 kompetisi internasional yang diikutinya dengan pemain-pemain NBA. Setelah bermain 5-0 dalam babak penyisihan, Amerika Serikat kalah dari Prancis di perempat final Piala Dunia FIBA 2019 di China. Mereka memutus rekor kemenangan beruntun 58 pertandingan dalam pertandingan dengan pemain-pemain NBA. 

Faktanya, Amerika Serikat sudah memenangkan 14 dari 18 turnamen yang diikuti dengan roster berisi pemain-pemain NBA. Mereka mengumpulkan rekor 140-10 atau dengan persentase kemenangan 93 persen dalam 18 turnamen tersebut. Tiga kegagalan Amerika Serikat terjadi di Piala Dunia FIBA. Sehingga mereka berniat untuk bangkit di turnamen ini. (*)

Foto: nba.com

Komentar