IBL

Rumah Lelang Sotheby kembali mengeluarkan barang koleksi. Kali ini jersey Wilt Chamberlain. Jersey itu dikenakan Chamberlain dalam final pertamanya bersama Los Angeles Lakers pada 1972. Biding dibuka pada 28 Agustus hingga 27 September mendatang.

Jersey tersebut dikenakan Chamberlain memenangkan final gim 5 atas New York Knicks. Sekaligus mengantar Lakers meraih gelar juara. Jersey itu ditaksir menembus AS$4 juta atau setara dengan Rp60 miliar.

Pada pertandingan final tersebut, Chamberlain bermain dalam kondisi tangan yang cedera. Pemain bernama lengkap Wilton Norman Chamberlain itu mengemas 24 poin dan 29 rebound. Ia pun dinobatkan sebagai MVP Final.

“Jersey ini memiliki nilai yang luar biasa signifikan dalam sejarah Los Angeles Lakers. Tidak hanya dihiasi oleh pemain yang dianggap terhebat yang pernah menginjak lapangan, tetapi sebagai salah satu peninggalan waralaba terbesar dalam sejarah olahraga,” ujar Brahm Wachter, kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby.

Jersey itu akan dipamerkan untuk umum di galeri Sotheby di Los Angeles pada 2-31 Agustus. Nilai jersey itu memecahkan harga memorabilia Chamberlain. Sebelumnya jersey musim pertamanya laku AS$1,79 juta. Jersey tersebut adalah jersey Philadelphia Warriors yang dilelang pada Juni lalu.

Harga jersey Lakers di final 1972 itu memanglah bukan jersey termahal. Rekor jersey termahal dipegang oleh Michael Jordan. Jersey itu dikenakan Jordan saat final 1998 gim 1 pada musim terakhirnya. Jersey itu laku AS$10,1 juta atau Rp151 miliar.

Chamberlain dilantik dalam Basketball Hall of Fame pada 1979. Ia meraih empat kali MVP dengan tiga beruntun pada 1965-1968 serta MVP pertamanya pada musim 1959-60. Chamberlain meninggal pada 12 Oktober 1999. (rag)

Foto: The Brunswick News

Komentar