IBL

Kai Sotto mencatat debutnya di NBA. Pemain berdarah Filipina itu tampil pertama kalinya bersama Orlando Magic di Summer League pada Kamis (13/7) waktu setempat. Sotto akhirnya melantai setelah tiga gim sebelumnya tidak masuk dalam roster Magic.

Sotto tampil saat pertandingan melawan Portland Trail Blazers. Tampil selama 13 menit, pemain berusia 21 tahun itu tampil cukup apik. Ia menyumbang 6 poin (termasuk tiga kali dunk), 4 rebound, dan 3 blok.

Tetapi penampilannya tersebut belum bisa memberi Magic kemenangan di Summer League. Dalam laga tersebut Magic kalah 71-88 dari Blazers. Pada tiga gim sebelumnya Magic juga kalah 78-89 dari Detroit Pistons, 85-108 dari Indiana Pacers, dan 80-82 dari New York Knicks.

Meski begitu, penampilan Sotto tetap mendapat pujian dari seniornya di timnas Filipina, Jordan Clarkson. “Performa yang solid. Tetap pertahankan performa bagus ini,” tulis pemain Utah Jazz tersebut.

Perjalanan Sotto untuk menjadi pemain asli Filipina pertama di NBA memang masih panjang. Ia tidak terpilih dalam NBA Draft 2022 lalu. Tetapi mantan pemain NBL Adelaide 36ers itu mendapat undangan untuk bermain dengan Magic di Summer League. Saat ini Sotto terdaftar sebagai pemain Hiroshima Dragonflies di B.League Jepang.

“Saya hanya melakukan bagian saya untuk menunjukkan 100 persen usaha saya dalam setiap pertandingan. Semoga penampilan saya ini bisa membuat mereka bahagia dan bangga,” ujar Sotto dilansir melalui laman Rappler.

Pada gim berikutnya esok hari Magic akan menghadapi Boston Celtics di Thomas & Mack Center, Las Vegas. Sotto berharap ia bisa kembali diturunkan di pertandingan tersebut. Dengan memiliki kesempatan lebih banyak untuk tampil, Sotto memiliki harapan lebih tinggi untuk mengamankan statusnya di Magic.

Sotto dan Clarkson masuk dalam 21 pemain yang dipanggil oleh timnas Filipina untuk FIBA World Cup 2023. Mereka diharapkan bisa tampil membela Filipina. Event tersebut akan berlangsung di tanah air mereka sendiri pada 25 Agustus-10 September mendatang. Filipina masuk grup A bersama Angola, Republik Dominika, dan Italia. (rag)

Foto: The Manila Times

Komentar