IBL

Kai Sotto akhirnya bisa menunjukkan bakatnya di NBA Summer League 2023 bersama Orlando Magic. Dia punya performa yang menjanjikan, dan digadang-gadang bakal tampil di liga musim depan. Tetapi segera penampilan ini tercoreng karena cedera punggung di akhir turnamen. 

Pemain berusia 21 tahun asal Filipina tersebut sudah lama ingin mencicipi NBA. Pada pertandingan melawan Portland Trail Blazer, minggu lalu, Sotto mencetak 6 poin, 4 rebound, 3 blok, dan 1 asis dengan menit bermain sebanyak 14 menit. Dia terlihat produktif sekaligus sangat membantu di pertahanan, dengan ukuran tubuhnya. 

"Dia terlihat sangat bagus, jika dia bermain lebih keras lagi," kata agen Sotto Tony Ronzone kepada Philstar.com. "Dia adalah kekuatan di ujung pertahanan dengan kemampuan menahan tembakan. Dia siap untuk tampil di level yang lebih tinggi."

Tetapi setelah pujian yang datang padanya, justru kemalangan menimpa. Sotto dilaporkan mengalami cedera punggung. Dia tampak keluar pertandingan dengan memakai penyangga punggung. Meski belum dipastikan seberapa berat cedera yang dialami. Namun tetap saja itu bisa merusak peluangnya untuk mendapatkan kontrak dengan tim NBA. Sekaligus menunda mimpinya sebagai pemain lokal Filipina pertama di NBA. 

Cedera Sotto juga berpengaruh pada timnas Filipina. Karena dia masuk dalam daftar pemain Gilas di FIBA World Cup 2023, di mana Filipina menjadi tuan rumah bersama Indonesia dan Jepang. Karena Sotto dijadwalkan bergabung dengan pemusatan latihan timnas Filipina setelah Summer League. Menurut John Bryan Ulanday dari bworldonline.com, hanya waktu yang bisa menjawab semuanya. Karena FIBA World Cup hanya tinggal sebulan lagi. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar