IBL

Victor Wembanyama menyelesaikan pertandingan keduanya di Summer League, dengan 27 poin dan 12 rebound. Namun Spurs kalah 80-85 dari Portland Trail Blazers di pertandingan tersebut. Di saat Wembanyama mulai panas, Gregg Popovich memanggilnya untuk pulang ke markas San Antonio Spurs. Tampaknya Coach Pop punya rencana lain untuk bintang muda asal Prancis tersebut. 

Pemain pilihan nomor satu dalam Draft NBA tahun ini bermain bagus di pertandingan keduanya, Minggu (9/7) waktu Amerika Serikat. Wembanyama memasukkan 9 tembakan dari 14 percobaan, dan 7 dari 12 untuk tembakan gratis, serta melakukan 3 blok. Wembanyama memicu kebangkitan Spurs, dengan menipiskan jarak dari 19 poin hingga tersisa satu poin. Tetapi mereka pada akhirnya harus menelan kekalahan. 

"Saya berharap kami memenangkan pertandingan," kata Wembanyama. "Saya pikir saya bisa berbuat lebih banyak. Saya harus terus belajar."

Kepala pelatih Spurs, Gregg Popovich untuk kali kedua menyaksikan dari tribun penonton. Tampak juga pemain Spurs lain seperti Keldon Johnson dan Jeremy Sochan, yang memilih untuk tidak di bench timnya. Tetapi kabarnya setelah pertandingan kedua Wembanyama dipanggil "pulang" oleh Coach Pop. Hal ini dibenarkan oleh kepala pelatih Spurs untuk Summer League 2023, Matt Nielsen. Menurutnya, dia tidak yakin apakah Wembanyama akan menyelesaikan seluruh pertandingan di Las Vegas. 

"Ada kemungkinan libur musim panas akan berakhir lebih cepat untuk tim kami. Sehingga saya tidak yakin apakah Wembanyama akan terus ada di Las Vegas," jelas Nielsen. 

Wembanyama dalam konferensi pers setelah pertandingan keduanya siap melakukan segalanya untuk tim. Dia mengaku sudah berbicara dengan Gregg Popovich, dan memetakan sisa waktu selama musim panas ini. Apakah dia akan terus bermain di Las Vegas, atau mengadakan kamp pelatihan lebih awal ketimbang tim-tim lainnya. 

"Pada dasarnya saya siap berkorban apa pun untuk tim saya," tegasnya. 

Ada indikasi kalau Coach Pop tidak mau mengambil risiko terlalu besar bagi bintang barunya tersebut. Pasalnya, sudah ada pemain debutan yang mengalami cedera di Summer League 2023. Dia adalah Scott Henderson, pemain urutan ketiga dalam Draft NBA 2022 yang bermain untuk Portland Trail Blazers. Di pertandingan pertamanya, Henderson mengalami cedera bahu, dan kemungkinan akan absen di awal musim. Kabar ini membuat manajemen Spurs khawatir dengan kondisi Wembanyama. Lebih baik mereka menariknya dari Summer League, agar bisa mempersiapkan diri untuk musim reguler 2023-2024. (*)

Foto: San Antonio Express - News

Komentar