IBL

San Antonio Spurs masih belum mendapat kepastian soal masa depan pelatih Gregg Popovich. Kontrak pelatih berusia 74 tahun itu memang berakhir pada musim ini. Spurs berharap Coach Pop bisa memperpanjang kontrak. Dan Victor Wembanyama diyakini mempengaruhi keputusan Popovich.

Spurs mendapatkan hak pilih pertama NBA Draft 2023 yang berlangsung pekan depan atau Kamis (22/6) di Barclays Center, New York. Mereka juga hampir pasti akan memilih pemain yang akrab disapa Wemby itu.

Menurut LJ Ellis dalam Spurs Talk, Popovich diperkirakan akan bertahan setidaknya satu musim lagi. “Saya telah berdiskusi dengan beberapa sumber yang meyakini dengan kehadiran Wembanyama dapat membantu meyakinkan pelatih legendaris itu untuk bertahan lebih lama,” tulis Ellis.

Jika Spurs memilih Wemby, Popovich dinilai sosok yang tepat sebagai pelatih pertama pemuda Prancis itu di NBA. Hal yang sama pernah ia lakukan kepada Tim Duncan, pilihan pertama NBA Draft 1997. Duncan menjelma menjadi salah satu pemain terbaik liga selama dua dekade.

Popovich memang tidak banyak berkomentar soal masa depannya dengan Spurs. Saat ditanya tentang hal tersebut, Popovich menyebut masih ingin bersenang-senang meski musim ini Spurs memiliki rekor 22-60.

Tidak hanya itu. Spurs diperkirakan akan memberi perpanjangan kontrak tiga tahun dengan nilai sekitar AS$14 juta per musim. Dalam kontrak itu Popovich memiliki opsi pada musim kedua.

Popovich telah menangani Spurs hampir selama tiga dekade. Sejak menjabat sebagai pelatih kepala pada 1996 silam, Popovich membawa Spurs memenangkan kejuaraan lima kali pada 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014. Ia tiga kali dinobatkan sebagai Coach of the Year.

Selain dengan Spurs, Popovich juga pernah menjadi pelatih timnas putra Amerika Serikat. Popovich mengantar Amerika Serikat meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (rag)

Foto: The San Diego Union Tribune

Komentar