IBL

Pemain muda asal Prancis Victor Wembanyama merupakan prospek Draft NBA urutan pertama pada tahun 2023. Kemungkinan besar dia akan diambil oleh San Antonio Spurs. Banyak yang bilang, kalau dia akan jadi pemain paling beruntung, serta berkembang lebih cepat dibanding pemain muda lainnya di NBA. Alasannya sudah jelas, yaitu Wembanyama akan diawasi oleh salah satu pelatih legendaris NBA, Gregg Popovich. Dia akan diubah menjadi superstar seperti Tony Parker. 

Popovich, adalah pelatih dengan masa jabatan terlama di liga olahraga Amerika Serikat, karena menjadi pelatih Spurs sejak 1996. Dengan disiplin dan prioritas yang dibentuk saat berada di Akademi Angkatan Udara AS pada 1960-an, Popovich telah menjadi kepala pelatih juara NBA lima kali, Coach of The Year tiga kali, dan pada bulan Agustus akan dilantik sebagai Basketball Hall of Fame.

Banyak yang mengatakan kalau Coach Pop sukses membina anak-anak muda menjadi lebih dewasa dalam permainan. Seperti yang diungkapkan legenda NBA Dwyane Wade. "Apa yang membuat seorang pelatih hebat adalah membantu banyak pemain muda menjadi pria dewasa. Pelatih Pop telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam hal ini," kata Wade, dikutip dari Zawya.com.

Foto: slamonline.com

Popovich membimbing Tim Duncan pada 1997, dan Tony Parker di tahun 2001. Mengubah mereka menjadi pemain yang disiplin dan pada akhirnya dikenal sebagai pemain-pemain terbaik di NBA. Kepala pelatih Golden State Warriors, Steve Kerr juga mengakui kepiawaian Gregg Popovich, dalam hal pembinaan pemain. 

"Dia luar biasa," kata Kerr. "Ada begitu banyak orang seperti saya yang hidupnya telah dipengaruhi dan sangat positif oleh Pop. Salah satu orang paling berpengaruh dalam hidup saya. Saya berutang banyak padanya."

Popovich menerima tantangan generasi baru dengan Wembanyama, prospek paling berbakat sejak LeBron James, dengan ukuran tubuh seperti keterampilan Duncan dan Parker. Popovich yang beruban dan terkadang pemarah akan mencoba mengajari Wembanyama untuk memaksimalkan bakat uniknya seperti yang dia lakukan dengan Parker. 

"Pada salah satu latihan pertama (Parker), saya membawa beberapa orang untuk menghadapinya," kata Popovich. "Saya ingin melihat apa yang dia miliki. Saya terkesan dengannya. Jadi saya mengatakan kepadanya."

Terakhir, Popovich sudah merangkul bakat global lebih awal, membawa lebih dari 40 pemain dari luar Amerika Serikat masuk roster Spurs. Wembanyama kini masuk dalam daftar tersebut. Dan, diharapkan dia bisa jadi pemain hebat di masa depan. Namun sebelum itu, di awal kariernya sebagai pemain NBA, dia harus benar-benar mendengarkan Coach Pop. (*)

Foto: Bleacher Report

Komentar