IBL

Sacramento Kings tidak ingin momentumnya musim lalu menguap. Mereka berhasil mencapai playoff pertama setelah 17 tahun. Kings sedang bernegosiasi ulang tentang kontrak besar-besaran dengan Domantas Sabonis.

Melalui agennya, Greg Lawrence dan Jason Ranne dari Wasserman, Sabonis setuju untuk negosiasi ulang dan memperpanjang kontrak. Total nilainya mencapai AS$217 untuk perpanjangan 5 tahun. Termasuk dalam bentuk uang baru senilai AS$195 juta.

Kings menggunakan batas gaji untuk memberi tambahan AS$8,6 juta. Dengan begitu Sabonis meningkatkan penghasilannya menjadi AS$30,6 juta pada 2023-24. Tambahan empat tahun itu akan memberi Sabonis tambahan hampir AS$200 juta selama masa kontraknya.

Pemain asal Lithuania itu memasuki tahun terakhir dari kontrak sebelumnya. Sabonis akan memenuhi syarat untuk menjadi agen bebas tak terbatas pada 2024 mendatang. Saat ini ia memiliki gaji AS$19,4 juta dengan batas atas AS$22 juta pada kontrak sebelumnya.

“Sabonis tidak mengambil semua uang yang tersedia untuknya. Dia mendiskusikan dengan pimpinan Kings keinginannya memprioritaskan waralaba agar lebih fleksibel membangun roster daripada memaksimalkan pendapatannya sebelumnya,” tulis sumber dari ESPN.

Sabonis mencetak rata-rata 19.1 poin, 12,1 rebound, dan 7,2 asis dengan akurasi 61,5 persen dan 37,3 persen tripoin. Ia memimpin liga dengan 65 dobel-dobel. Bersama dengan De’Aaron Fox, mereka membantu Kings mencapai musim sensasionalnya dengan meraih peringkat offensive tertinggi di liga (118,6).

Kings mendatangkan Sabonis dalam pertukaran dengan Indiana Pacers dengan mengirimkan Tyrese Halliburton, Buddy Hield, dan Tristan Thompson pada 2022 lalu. Selain Sabonis, saat itu Kings juga mendapatkan beberapa draft pick putaran kedua.

Selain berupaya mempertahankan Sabonis, Kings juga setuju untuk mengontrak ulang Harrison Barnes selama tiga tahun dengan nilai AS$53 juta. Serta kontrak 3 tahun dengan Sasha Vezenkov senilai AS$20 juta. (rag)

Foto: NBA

Komentar