IBL

Draymond Green tidak akan pergi dari Golden State Warriors. Setidaknya itulah yang dipercaya para pengamat NBA belakangan ini. Meski dia memutuskan untuk menolak opsi pemain, sejatinya Green hanya ingin meremajakan kontraknya saja. Dia ingin nilai yang lebih besar, namun tidak akan memberatkan Warriors. Green kini punya kontrak baru dengan Warriors, sampai empat tahun ke depan. 

Dikutip dari berita ESPN, Green menyetujui kontrak baru senilai 100 juta dolar Amerika dengan durasi empat tahun, di tambah opsi pemain di akhir musim. Kontrak inilah yang diinginkan oleh Green, meski dia sempat menggemparkan pasar bursa "free agent" dengan menolak opsi pemain pada awal bulan Juni 2023. Tetapi pada dasarnya, Green tidak akan meninggalkan klub yang dibelanya selama 11 tahun tersebut. Dia masih ingin bermain bersama Stephen Curry dan Klay Thompson, yang bisa memberinya empat gelar juara NBA. 

"Saya sudah berada di sini selama 11 tahun. Jangan menybah apa pun. Saya ingin berada di sini, tetapi saya tahu bahwa ini adalah bisnis. Jadi saya melangkah sesuai dengan cara-cara yang ada," kata Green. 

Memang kalau dikaji lebih jauh, kontrak baru Green ini menurunkan gajinya tahun depan. Seandainya dia menerima opsi pemain, maka pada musim 2023-2024, Green akan digaji 27,5 juta dolar Amerika oleh Warriors. Namun Green berpikir untuk jangka panjang. Dia memilih gaji 25 juta dolar per tahun, selama empat musim ke depan. 

Manajer umum Warriors Mike Dunleavy sebelumnya juga mengatakan kalau Green menjadi prioritas perpanjangan kontrak. Dia tidak ingin memisahkan Green dengan duo Curry dan Thompson. Pasalnya, Dunleavy berpendapat kalau ketiga pemain tersebut bisa menjaga konsistensi permainan Warriors di level tertinggi. Hal ini juga pernah disampaikan oleh kepala pelatih Steve Kerr. Sekarang manajemen Warriors tinggal mencari pemain yang mengelilingi tiga pilar tersebut. 

"Jika Draymond tidak ada di tim kami, maka kami bukan lagi tim yang mampu bersaing dalam perebutan gelar juara," kata Kerr, setelah mereka disingkirkan Los Angeles Lakers dari playoff 2023.

Warriors juga memperdagangkan Jordan Poole dan draft pick 2022 Patrick Baldwin Jr. dan Ryan Rollins ke Washington Wizards untuk mendapatkan Chris Paul. Seorang jenderal lapangan veteran yang mereka inginkan untuk memimpin unit kedua. Dikutip dari ESPN, Warriors akan mengisi sisa rosternya dengan mencari pemain sayap dengan gaji murah. Tentunya mereka bisa mendapatkannya di bursa pemain "free agent". (*)

Foto: USA Today

Komentar