IBL

NBA Draft 2023 tidak menampilkan drama apa pun, dengan terpilihnya Victor Wembanyama sebagai pemain draft urutan pertama. Jauh-jauh hari penggemar NBA sudah tahu kalau pemain asal Prancis ini akan dipilih oleh San Antonio Spurs. Selain Wembanyama ada 23 pemain yang terpilih dalam putaran pertama. 

Ricky O'Donnell dari SB Nation membuat daftar menarik tentang Draft NBA 2023 putaran pertama. Dia juga memberikan nilai (grade) terhadap pemain debutan ini. Berikut penilaian O'Donnell untuk lima pemain teratas dalam Draft NBA 2023:

1. San Antonio Spurs - Victor Wembanyama
Nilai : A+

Wembanyama adalah salah satu prospek terbaik dalam sejarah liga. Lahir di pinggiran kota Paris, pemain berusia 19 tahun ini akan menjadi pemain tertinggi di NBA musim depan. Dia adalah atlet yang sangat lincah untuk ukuran tubuhnya, mampu bermain di seluruh lapangan baik dalam serangan maupun pertahanan. Wembanyama dengan mudah tampil sebagai rim finisher dan shot blocker yang dominan, tetapi dia juga menunjukkan kemampuan untuk membuat tripoin dan mempertahankan perimeter. Jika Wembanyama bisa tetap sehat , dia akan menjadi superstar internasional berikutnya yang masuk NBA.

2. Charlotte Hornets - Brandon Miller
Nilai: B

Scoot Henderson terpilih sebagai pemain urutan kedua. Sangat mudah untuk menyatakan bahwa Brandon Miller lebih cocok di Charlotte dengan LaMelo Ball. Miller adalah prospek yang sangat bagus sebagai penembak jitu dengan kemampuan penanganan bola yang mengesankan, tetapi sisi baiknya mungkin sedikit dibatasi karena kurang atletis. Selama Miller dapat menembak sekitar 40 persen luar busur, Hornets tidak akan menyesali pilihan ini.

3. Portland Trail Blazers - Scoot Henderson
Nilai : A

Henderson adalah garda yang sangat cepat dan sangat kuat yang dapat bermain sebagai pencetak poin, melakukan tembakan jarak menengah, dan melakukan passing lanjutan dalam pick-and-roll. Henderson perlu meningkatkan tembakan tiga poinnya dan memainkan bakat fisiknya secara defensif. Masalahnya sekarang ada di Damian Lillard. Kabarnya bintang utama klub tersebut mendorong agar pemain draft ditukar dengan bintang senior di NBA. Sebaliknya, manajemen ingin menambah stok pemain muda di timnya. 

4. Houston Rockets - Amen Thompson
Nilai : A

Thompson akan menjadi pemain paling atletis di NBA tahun depan. Dia mungkin bukan penembak jitu, namun Rockets sudah punya Jalen Green dan Jabari Smith Jr., yang mampu melakukan tembakan jarak jauh. Sehingga mereka membutuhkan garda yang punya kemampuan untuk membuat situasi dalam pertandingan. Kemampuan Amen untuk mengolah bola akan menutupi kekurangan tembakannya. Tetapi dia harus mengembangkan tembakan jarak menengah, agar nasibnya bisa lebih baik ketimbang Ben Simmons. 

5. Detroit Pistons - Ausar Thompson
Nilai : B

Amen dan Ausar Thompson merupakan saudara kembar. Bedanya, Ausar tidak cukup eksplosif seperti saudara kembarnya Amen, tapi dia mungkin memiliki permainan yang lebih baik. Ausar adalah pemain bertahan yang lebih disiplin dan efektif. Pilihan ini agak aneh bagi Pistons, mengingat kelemahan terbesar tim adalah tembakan jarak jauh. Mereka sudah memiliki Cade Cunningham, Jaden Ivey, dan Jalen Duren sebagai garda dengan kemampuan yang sama dengan Ausar.

Foto: USA Today

Komentar