IBL

Phoenix Suns telah mencapai kesepakatan untuk mempekerjakan mantan pelatih kepala Los Angeles Lakers Frank Vogel, seperti dikutip dari The Athletic. Suns kabarnya memberikan kontrak 31,25 juta dolar Amerika Serikat untuk durasi lima tahun. Setelah berpisah dengan Monty Williams pada 14 Mei 2023, Suns memutuskan untuk merekrut pelatih yang pernah juara di tahun 2020. 

Pelatih Vogel memimpin LeBron James, Anthony Davis, dan Los Angeles Lakers menjadi juara tahun 2020. Pelatih 39 tahun tersebut dikenal karena ketajaman pertahanan dan pendekatannya yang berorientasi pada detail. Dia sukses saat melatih pemain bintang seperti Paul George di Indiana, di mana dia memimpin Pacers ke tempat final Wilayah Timur berturut-turut pada 2013 dan 2014. Dia juga dinilai sukses bersama Lakers selama tiga musim. Lakers memecat Vogel setelah mereka gagal mencapai babak playoff pada musim 2021-2022. Vogel kemudian digantikan oleh Darvin Ham yang berhasil mencapai Final Wilayah Barat tahun 2023.

Foto: USA Today

ESPN melaporkan bahwa Suns dan Vogel sedang menyelesaikan kesepakatan untuk mengambil alih posisi Monty Williams, setelah mereka tersingkir dalam enam pertandingan di semifinal Wilayah Barat oleh Nuggets. Minggu ini, Williams terpilih menjadi kepala pelatih baru Detroit Pistons. Di Suns, Vogel akan membimbing tim penuh bintang seperti Kevin Durant, Devin Booker, dan Chris Paul.

Sebelum pilihan jatuh ke Frank Vogel, ada beberapa pelatih yang dikabarkan bertemu dengan pemilik Suns Mat Ishbia, dan presiden operasi bola basket James Jones. Mereka adalah Doc Rivers (mantan pelatih Philadelphia 76ers), Nick Nurse (mantan pelatih Toronto Raptors yang kini melatih Philadelphia 76ers, Jordi Fernandes (asisten pelatih Sacramento Kings), dan Kevin Young (asisten pelatih Phoenix Suns). 

Vogel adalah salah satu kandidat pelatih paling berprestasi dan berkualitas yang tersedia mengingat sejarah playoffnya dengan Lakers dan Pacers. Dia jago dalam strategi pertahanan, dengan berhasil membuat tim di liga dalam hal pertahanan. Dia juga memiliki pengalaman membangun serangan di sekitar bintang seperti Paul George dan LeBron James. Namun yang menjadi penilaian adalah ketegasannya untuk tidak memainkan Russell Westbrook, yang dikenal sebagai pemain yang kurang dalam pertahanan. Westbrook bukan pemain yang diinginkan Vogel untuk masuk roster Lakers. 

Dengan pelatih baru, Suns akan mengalihkan fokus mereka untuk memperbaiki roster. Devin Booker dan Kevin Durant adalah dua pemain terbaik NBA, tetapi Ishbia baru menyadari bahwa tidak cukup dengan memiliki keduanya. Garda senior Chris Paul akan bernilai 30,8 juta dolar Amerika musim depan, sehingga akan memberatkan keuangan Suns. Di samping itu, dia punya masalah dengan ketersediaan, karena cedera. Selain itu, Deandre Ayton adalah pemain bagus di musim reguler, namun dinilai kurang maksimal saat playoff. Kabarnya Suns sedang mencari kesepakatan yang menguntungkan untuk menggantikan Ayton. (*)

Foto: Silver Screen and Roll

Komentar