IBL

Tak butuh waktu lama bagi Monty Williams untuk mendapatkan pelabuhan baru. Mantan pelatih Phoenix Suns tersebut telah menyetujui kontrak enam tahun senilai 78,5 juta dolar Amerika dengan Detroit Pistons, kata sumber kepada Adrian Wojnarowski dari ESPN. Ini adalah kesepakatan pelatih termahal dalam sejarah NBA.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut dipecat oleh Phoenix Suns awal Mei 2023, setelah bekerja selama empat musim. Langkah tersebut dilakukan setelah Suns tersingkir oleh Denver Nuggets di semifinal Wilayah Barat. Pistons dilaporkan membuat komitmen besar untuk Coach of the Year NBA 2021-2022. Manajemen memberinya kontrak enam tahun senilai 78,5 juta dolar Amerika. Yang mengejutkan, kontrak tersebut dapat berduriasi delapan tahun, dan nilainya mendekati 100 juta dolar Amerika. Menurut laporan The Athletic, besarnya kontrak ini karena banyaknya opsi yang diberikan, serta insentif dari tim.

Bersama Suns, Williams memiliki rekor 194-115 atau dengan persentase kemenangan 62,8 persen di musim reguler, serta rekor 27-19 di babak playoff. Suns memenangkan 64 pertandingan musim reguler yang menjadi rekor terbaik klub tersebut pada musim 2020-2021, serta mencapai Final NBA pada 2021.

Di Detroit, Williams akan menggantikan Dwane Casey, yang mengundurkan diri sebagai pelatih Pistons pada April 2023, untuk masuk ke jajaran manajemen. Casey telah melatih Pistons sejak 2018, tetapi dalam lima musim tim mencatat rekor 121-263, atau dengan persentase kemenangan 31,5 persen. Pistons semasa ditangani Casey hanya sekali masuk playoff, di musim 2018-2019, tetapi tersingkir di babak pertama.

Kesepakatan yang menjadikan Williams sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi di NBA kabarnya akan diselesaikan dalam beberapa hari mendatang. Ini akan menjadi tugas kepelatihan NBA ketiga Williams setelah pemberhentian sebelumnya di New Orleans dan Phoenix. 

Williams sekarang mengambil alih tim Pistons yang sedang membangun kembali kekuatan mereka. Pistons memiliki beberapa pemain muda yang berpotensi penuh dalam diri Cade Cunningham, Jaden Ivey, Jalen Duren dan James Wiseman. Pistons juga memiliki pilihan nomor lima dalam NBA Draft 2023. 

Jaden Ivey dan Jalen Duren memberikan harapan untuk masa depan dengan permainan mereka musim lalu untuk Pistons. Cade Cunningham, pemain pilihan pertama NBA Draft 2021, mengalami musim keduanya terhambat oleh operasi tulang kering setelah bermain hanya dalam 12 pertandingan. Kemungkinan dia bisa bermain lebih baik di musim 2023-2024, karena sudah sembuh. Sementara Bojan Bogdanovic rata-rata mencetak 21,6 poin, bisa jadi alternatif baru serangan Pistons. Sementara masih ada Isaiah Stewart dan Marvin Bagley yang bakal masuk roster Pistons. (*)

Foto: Sportskeeda

Komentar