IBL

NBA mengumumkan 12 wasit yang bertugas dalam Final NBA. Dari nama-nama yang diumumkan tidak ada Eric Lewis. Padahal dia tidak pernah absen memimpin final dalam empat tahun terakhir. Lewis tengah dalam penyelidikan NBA terkait tuduhan keberpihakan pada salah satu tim, atau berat sebelah dalam memimpin pertandingan. Kasus ini mencuat setelah adanya ciutan di Twitter, soal pertandingan Los Angeles Lakers dan Boston Celtics. 

"Mengenai Eric Lewis dan postingan media sosial, kami terus meninjau masalah ini dan dia tidak akan bekerja di final," kata juru bicara NBA Mike Bass.

Liga belum mengungkapkan jadwal penyelidikannya terhadap Lewis. Tentu saja belum ada sanksi yang dikeluarkan oleh NBA. Namun sebelum kasus ini benar-benar selesai, maka liga menangguhkan Lewis dari tugasnya. Termasuk memimpin Final NBA 2023, antara Denver Nuggets melawan Miami Heat. 

"Kami memutuskan bahwa mengingat penyelidikan sedang berlangsung dan masih berlangsung, bahwa tidak pantas baginya (Eric Lewis) untuk bekerja di final ini," kata Komisioner NBA Adam Silver. "Saya tidak tahu apa kesimpulan akhirnya. Kami sedang mengumpulkan bukti dan fakta."

Dari 12 wasit yang dipilih untuk pertandingan Nuggets-Heat, sembilan wasit bekerja pada seri gelar musim lalu. Scott Foster akan menjadi wasit final untuk ke-16 kalinya. Sementara Tony Brothers dan Marc Davis dipilih untuk ke-12 kalinya. Satu-satunya wasit yang baru pertama kali memimpi Final NBA adalah Kevin Scott. Dia mulai bekerja sebagai wasit NBA sejak musim 2010-2011.  "Puncak bagi seorang ofisial NBA adalah memimpin Final NBA," kata Byron Spruell, presiden operasi bola basket NBA.

Marc Davis, David Guthrie, dan Ed Malloy bertugas di Gim 1 Final NBA di Denver, yang dimenangkan oleh Nuggets dengan skor 104-93, atas Miami Heat. Biasanya, 12 wasit masing-masing bertugas memimpin salah satu dari empat pertandingan pertama Final NBA. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Komentar