IBL

Desember sudah berjalan hampir dua pekan. Ada yang menjalaninya dengan suka cita, tetapi juga ada yang berduka cita. Desember memang selalu menjadi bulan yang campur aduk. Beberapa musisi besar bahkan mengabadikan rasanya dalam lagu-lagu mereka.

Nah, kali ini Mainbasket mengumpulkan lagu-lagu bertema Desember dari seluruh dunia. Lagu-lagu ini nantinya bisa jadi acuan untuk didengar setelah main basket. Apalagi kalau didengar ketika badan sangat lelah. Boleh jadi lagu-lagu ini membikin tenang istirahatmu. Karena musik, seperti yang dilakukan beberapa pemain terkenal, bisa membantu menenangkan diri.

Berikut 12 lagu bertema Desember versi Mainbasket:

Efek Rumah Kaca – Desember

Efek Rumah Kaca adalah band asal Indonesia yang menggunakan Desember sebagai judul lagu mereka. Meski pun ERK membawakan lagu ini dengan syahdu, liriknya justru membuat pendengarnya merasakan ketenangan. Secara garis besar, lagu ini menggambar perasaan-perasaan yang biasa muncul di tengah hujan bulan Desember.

Koes Plus – Desember

Koes Plus merupakan band legenda asal Indonesia. Dengan usia yang cukup tua, lagu ini agaknya masih enak untuk didengar. Apalagi untuk mereka yang sedang merasakan cinta dan derita. Namun, jangan sampai lagu sedih justru mempengaruhi permainan basketmu. Jadikan lagu ini sebagai medium melepas resah saja.

Counting Crows – A Long December

Counting Crows adalah band asal Amerika Serikat yang membawakan tema Desember dengan nuansa sedih. Dalam lagu itu, mereka berkata bahwa akhir tahun ini mungkin akan lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi, bulan Desember yang terasa panjang itu justru membuat mereka mengingat kembali kisah cintanya yang kandas.

Weezer – December

Lagu bertema Desember dari Weezer ini merupakan lagu cinta yang dibawakan dengan genre yang cukup nge-rock. Weezer menggambar cinta di bulan Desember sebagai penghapus luka dan pemberi harapan. Cinta adalah hal positif yang membuat manusia hidup.

Maharani Kahar – Desember Kelabu

Lagu “Desember Kelabu” sebenarnya muncul pertama kali pada 1982. Mahari Kahar, penyanyi lawas Indonesia, adalah orang yang pertama kali melantunkan lagu ini. Akan tetapi, ia sendiri justru tidak begitu terkenal membawakan lagu ini. Lagu bertema Desember ini malah terkenal karena dibawakan Diana Nasution dan Yuni Shara.

Neck Deep – December

Neck Deep adalah band selanjutnya yang menggunakan nama bulan untuk judul lagunya. Band pop punk asal Wales ini bahkan meluncurkan dua versi lagu “December” di YouTube. Kedua video itu merupakan hasil kolaborasi bersama Mark Hoppus (Blink-182) dan Chris Carraba (Dasboard Confessional).  

The Four Seasons – December 1963 (Oh What a Night)

The Four Seasons merupakan band pop rock asal Amerika Serikat. Lagu “December 1963 (Oh, What a Night)” ditulis oleh keyboardist mereka, Bob Gaudio dan istrinya Judy Parker. Meski Desember terkenal sebagai bulan yang syahdu, lagu ini justru dibawakan dengan nuansa disko yang membuat orang ingin menari.

Demi Lovato – Remember December

Demi Lovato adalah penyanyi asal Amerika Serikat yang juga menggunakan nama Desember. Dalam lagunya ini, Lovato berusaha mengajak seseorang yang ia cintai untuk mengingat kembali bulan Desember. Karena pada bulan itu, mereka punya kenangan yang cukup membahagiakan.

Don’t surrender, surrender, surrender

Please remember, remember, remember

We were so in love back then  

Linkin Park – My December

This is my December

This in my time of the year

Dua baris frase di atas merupakan lirik lagu pembuka dalam lagu bertema Desember milik Linkin Park. Waktu itu mendiang Chester Bennington bertugas untuk mengawali lagu dengan suara khasnya. Kemudian suara Mike Shinoda akan bergabung melengkapi Linkin Park yang masih komplet.  

Taylor Swift- Back to December

Lagu “Back to December” merupakan curahan hati seorang Taylor Swift tentang kisah cintanya sendiri. Lewat lagu itu ia meminta maaf kepada seseorang yang pernah berada di samping. Lagu itu sekaligus menjadi pengalaman pertama Swift meminta maaf lewat sebuah lagu.

Miley Cyrus – Permanent in December

Ini merupakan lagu bertema Desember yang membuat Miley Cyrus harus membawakannya dengan karakter yang agak centil. Dalam lagu itu, ia bercerita bahwa dirinya telah pergi ke sejumlah kota dan bertemu dengan berbagai lelaki. Sayangnya, tidak ada satu pun dari mereka yang cocok. Ia hanya memikirkan seorang lelaki. “But if it ain’t you, then I don’t wanna know,” katanya dalam lagunya itu.

Club 8 – Love in December

Lagu bertema Desember ini menceritakan tentang seseorang yang sedang jatuh cinta. Club 8 sendiri membawakan lagu ini dengan nuansa pop yang tenang. Sehingga pendengarnya akan merasakan perasaan cinta yang mereka bawa. Rasanya seperti duduk dengan seseorang di depan perapian saat hujan salju sedang turun. Hangat tanpa kesepian.

Foto: Hipwee

 

Komentar