IBL

Keberuntungan datang untuk San Antonio Spurs, Selasa (16/5), waktu setempat. Dalam acara lotre NBA Draft, Spurs mendapatkan hak pilih urutan pertama setalah kombinasi nomor yang mereka punya muncul paling pertama. 

Keberuntungan ini langsung membuat Victor Wembanyama menjadi sorotan. Ya, NBA Draft 2023 nanti memang akan berpusat pada pemain yang akrab disapa Wemby tersebut. Ia dianggap sebagai salah satu talenta terbaik yang pernah ada (generational talent). Wemby bahkan mendapatkan sorotan jauh lebih besar dari LeBron James saat memasuki NBA Draft 2023. 

(Baca juga: Victor Wembanyama, Calon Pilihan Pertama NBA Draft Tahun Depan)

Meski belum pasti, sulit rasanya untuk tak berpikir Spurs akan melewatkan Wemby. Wemby pun digadang-gadang akan melanjutkan tradisi baik Spurs saat mendapatkan pilihan pertama NBA Draft dan memilih bigman. Sebelumnya, sepanjang sejarah organisasi, Spurs sudah mendapatkan David Robinson (1987) dan Tim Duncan (1997) saat memiliki situasi seperti sekarang. 

Dua bigman tersebut lantas memiliki karier yang luar biasa. Mereka menjadi bagian dari dinasti Spurs di bawah tangan dingin Greg Popovich yang menenangkan total lima gelar juara. Robinson dan Duncan sendiri berakhir sebagai Hall of Famer. 

"Saya ingin segera turun ke NBA dan mengejar gelar juara," tutur Wemby kepada ESPN setelah hasil lotre keluar. "Pesan saya untuk semuanya adalah bersiaplah, saya akam datang,". 

Komisaris NBA, Adam Silver, pun memuji Wemby setinggi langit. "Ia adalah pemuda yang luar biasa. Sebagai pemain berusia 19 tahun, apa yang ia tunjukkan adalah hal yang luar biasa. Jelas ia adalah sesosok generational talent," ujarnya. 

Di lain sisi, Charlotte Hornets mendapatkan hak pilih urutan kedua. Portland Trail Blazers di urutan ketiga sedangkan Houston Rockets mendapatkan hak pilih urutan keempat. Detroit Pistons yang memiliki rekor terburuk di liga dengan satu dari tiga tim yang memiliki persentase memenangkan hak pilih pertama tertinggi justru jatuh ke urutan lima. 

Orlando Magic mendapatkan dua hak pilih, urutan 6 & 11 (11 didapatkan dari pertukaran dengan Chicago Bulls). Indiana Pacers di urutan tujuh, Washington Wizards delapan, Utah Jazz sembilan, dan Dallas Mavericks di 10 besar. Sisa empat urutan selanjutnya jatuh kepada Oklahoma City Thunder, Toronto Raptors, dan New Orleans Pelicans. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar