IBL

Menang lagi. Timnas putri Indonesia tak terkalahkan dalam empat gim SEA Games 2023. Mereka bahkan menampilkan performa yang semakin membaik. Indonesia menekuk juara bertahan Filipina 89-68 pada Jumat (12/5) di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Dalam gim tersebut, Yuni Anggraeni dan Kimberly Pierre-Louis tampil luar biasa. Keduanya memimpin Indonesia dengan mencetak +20 poin. Selain itu tidak ada pemain Indonesia yang meraih lebih dari 9 poin.

Yuni bahkan menjadi top skor gim dengan 24 poin. Tampil dari bangku cadangan, Yuni mencatat 9 tembakan tepat sasaran dengan akurasi 69 persen. Ia juga sukses memanfaatkan empat tembakan gratis. Yuni tampil efisien selama 16 menit dan mencetak 4 rebound.

Untuk Kimberley sendiri memang masih menjadi ujung tombak Indonesia. Ia membukukan 20 poin dalam 30 menit. Kimberley memasukkan 8/13 tembakan. Ia mencatat dobel-dobel dengan 15 rebound ditambah 3 blok.

Pada gim keempat ini Indonesia bisa menekan jumlah turnover menjadi 15. Terendah dalam empat gim. Selain itu, tim asuhan Chi-We Lin tersebut juga berhasil memanfaatkan 21/32 tembakan gratis. Indonesia lebih baik dengan akurasi 48 persen dari 62 tembakan.

Indonesia mengambil momentum di awal paruh kedua. Tripoin Yuni sukses membawa Indonesia menyalip 31-41. Tim Merah Putih berhasil menjaga keunggulan dari Filipina. Bahkan sempat memimpin dengan selisih tertinggi 21 poin.

Dari kubu Filipina tertahan dengan 27/78 tembakan (FG 34 persen). Jannie Pontjos meraih 11 poin. Kemudian France Cabinbin mencetak 10 poin.

Setelah mengalahkan Filipina yang menjadi rival terberat, kesempatan untuk meraih emas semakin besar. Indonesia tinggal menyisakan dua gim lagi. Besok mereka akan melawan Kamboja pada pukul 15.00 WIB. Kemudian Singapura pada lusa.

Indonesia memiliki pengalaman mengalahkan tim tuan rumah pada nomor 3x3. Kamboja sendiri juga diperkuat oleh Dinkins Brittany, Kimbely Hanlon, Mariah Cooks, dan Simmons Meighansharee yang turun di nomor itu. Indonesia berhasil perunggu 3x3 usai menumbangkan para pemain tersebut. (rag)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar