IBL

Los Angeles Lakers mempertahankan keunggulan. Mereka hanya memerlukan satu kemenangan lagi untuk lolos ke semifinal Wilayah Barat. Pada gim keempat (24/4) di Crypto.com Arena, Lakers membungkam Memphis Grizzlies 117-111 melalui perpanjangan waktu (over time). Lakers memperlebar jarak dan menjadi tim keenam dengan keunggulan 3-1.

Kemenangan tersebut tidak lepas dari keberhasilan LeBron James dan Anthony Davis menangani situasi krusial. Layup LeBron di sisa 0,8 detik memaksa Grizzlies menjalani tambahan waktu setelah imbang 104-104. Kemudian blok Davis menghentikan upaya terakhir Ja Morant di waktu normal.

“Ini bukan pertarungan pertama bagi saya. Saya mengalami ini sepanjang karier. Ini benar-benar mudah. Kami menang malam ini. Kami memiliki pertandingan yang luar biasa,” kata pemain dengan poin terbanyak sepanjang sejarah itu.

Tidak hanya itu. LeBron mencetak sejarah lagi. Tampil selama 45 menit, MVP empat kali itu mencetak 22 poin, 20 rebound, dan 7 asis di usia 38 tahun. Capaian itu membuat LeBron menjadi pemain tertua dalam torehan itu di babak playoff.

Dalam laga playoff ke-270 itu, LeBron juga menjadi pemain pertama Lakers yang mencetak 20+ poin dan 20+ rebound di playoff sejak 2004. Pemain Lakers yang melakukan capaian itu adalah Shaquille O'Neal pada 2004 lalu.

Sementara itu semua starter Lakers menorehkan dua digit poin. Austin Reeves memberikan angka terbanyak untuk Lakers dengan 23 poin, 4 rebound, dan 6 asis. D'Angelo Russell mencetak 17 poin dari 7/15 tembakan. Disusul Jarred Vanderbilt 15 poin. Anthony Davis 12 poin, 11 rebound, 2 steal, dan 4 blok. Dari bangku cadangan Dennis Schroder 12 poin.

Dari kubu Grizzlies, Desmond Bane memimpin dengan 36 poin, termasuk tujuh tembakan gratis yang tidak meleset. Plus 7 rebound dan 3 asis. Ja Morant 19 poin, 7 rebound, dan 3 steal. Jaren Jackson Jr. 14 poin, 14 rebound, dan 5 blok.

Grizzlies memiliki kesempatan terakhir untuk mengejar di gim kelima yang akan berlangsung pada lusa di Memphis. Tim asuhan Taylor Jenkins itu terakhir kali menang melawan Lakers pada gim kedua dengan keunggulan 103-93. (rag)

Foto: NBA

Komentar