IBL

Phoenix Suns membalik keadaan. Kini mereka unggul 2-1 atas Los Angeles Clippers di babak pertama playoff. Suns berhasil mencuri kemenangan 129-124 di kandang Clippers pada Kamis (20/1) waktu setempat. Gim keempat masih akan berlanjut di Los Angeles pada lusa WIB.

Suns tampil dengan kekuatan penuh dengan starter terbaiknya. Lain halnya dengan Clippers. Mereka tidak diperkuat oleh Paul George dan Kawhi Leonard, yang mengalami cedera lutut di gim kedua. Clippers mayoritas memainkan gim dengan small lineup yang berisi Russell Westbrook, Bones Hyland, Norman Powell, Eric Gordon, dan Terance Mann.

Meski tampil dengan skuad minim, Clippers sejatinya mampu memberikan perlawanan. Dari segi akurasi, Clippers justru lebih baik. Mereka unggul dengan total 45/83 tembakan (54 persen) dan 15/35 tripoin (43 persen). Tetapi Suns mendapatkan 46 tembakan gratis dengan memasukkan 35 kali (76 persen). Dibandingkan dengan Clippers yang memperoleh 19/25 tembakan gratis.

Selain itu, Suns menggila di kuarter ketiga. Selama paruh kedua Suns mencetak 55 poin. Mereka melaju meninggalkan Clippers sampai terpaut 13 poin. Praktis Clippers hanya bisa memangkas jarak di sisa pertandingan.

“Ini adalah permainan yang cukup menipu. Anda berpikir sebuah tim kehilangan salah satu pemain terbaiknya dan membuat Anda lengah. Mereka memainkan permainannya di akhir pertandingan. Seluruh tim sudah bersiap dengan itu sehingga kami tidak mengalami kemunduran,” kata Devin Booker usai pertandingan.

Semua starting Suns mencetak dua digit poin. Devin Booker tampil panas dengan 45 poin, 6 rebound, 3 asis, 3 steal, dan 2 blok. Bermain selama 44 menit, Booker mencetak 18/29 tembakan.

“Jika semua terserah saya, saya tidak akan keluar selama 12 menit itu. Tubuh saya terasa sangat prima. Saya mendedikasikan seluruh hidup saya untuk olahraga dan pertandingan ini. Ketika melakukan hal seperti ini di level tinggi, tidak ada lagi yang bisa saya minta,” lanjut Booker.

Kemudian Kevin Durant membantu dengan 28 poin, 6 rebound, 5 asis, dan 2 steal plus sempurna dalam 11 tembakan gratis. Deandre Ayton 12 poin dan 11 rebound Chris Paul 11 poin, 7 asis, dan 3 steal. Torrey Craig 15 poin.

Sementara itu Clippers sendiri mendapat 42 poin dari penampilan Norman Powell yang melepaskan 15/23 tembakan. Russell Westbrook dengan 30 poin, 8 rebound, 12 asis, dan 3 steal. Bones Hyland 20 poin dan Terance Mann 10 poin. (rag)

Foto: Los Angeles Times

Komentar