IBL

NBA akhirnya menjatuhkan sanksi untuk Draymond Green. Ia tidak akan tampil dalam gim ketiga Golden State Warriors melawan Sacramento Kings lusa di Chase Center. Sanksi itu diberikan setelah Green menginjak dada Domantas Sabonis pada gim kedua Senin (17/4) di Golden 1 Center.

“Forwarda Golden State Warriors Draymond Green diskors satu pertandingan tanpa bayaran karena menginjak dada senter Sacramento Kings Domantas Sabonis. Penangguhan itu sebagian didasarkan pada sejarah tindakan tidak sportif Green,” kata Joe Dumars Wakil Presiden Eksekutif, Kepala Operasi Bola Basket pada Selasa (18/4) waktu setempat.

Pelanggaran itu memang menimbulkan pro dan kontra. Green menjelaskan bahwa ia tidak sengaja menginjak karena Sabonis sempat memegang kakinya. Akibatnya Green dikeluarkan dari pertandingan setelah mendapat flagrant foul 2. Sedangkan Sabonis mendapat technical foul karena memegang kaki Green. Kondisi Sabonis sendiri masih belum pasti tampil di gim ketiga.

Baca juga: Serangan Brutal Draymond Green Jadi Bahan Obrolan, Tapi Ada Juga yang Membelanya

Sepanjang kariernya yang tampil dalam 147 pertandingan playoff, Green telah melakukan 6 flagrant fouls dan 27 technical fouls. Ini menjadi kedua kalinya Green diskors dalam babak playoff.

Sanksi pertama terjadi pada Final NBA 2016 melawan Cleveland Cavaliers. Sanksi itu dijatuhkan setelah ia melakukan terlalu banyak flagrant fouls. Puncaknya saat memukul LeBron James dalam gim keempat. Sebelum itu Green dikeluarkan karena menendang Steve Adams.

Green diskors dan tidak tampil di gim kelima. Hal ini membuat Warriors kalah 97-112. Pada akhirnya Warriors harus merelakan gelar tersebut kepada Cavaliers setelah kalah dalam tujuh gim.

Tidak hanya friksi dengan tim lawan. Green juga pernah diskors satu pertandingan pada 2018 lalu oleh Warriors. Ia diskors karena “perilaku yang merugikan tim” setelah pertengkaran dengan rekannya setimnya saat itu, Kevin Durant. Kejadian serupa juga terjadi awal musim ini. Green rehat tujuh hari dari Warriors setelah meninju Jordan Poole saat sesi latihan.

Tanpa Green jelas akan menjadi kerugian besar bagi Warriors. Apalagi mereka sudah tertinggal 0-2 dari Kings. Di sisi lain performa Kings juga sedang panas. Pada dua laga tanda pertama itu, Warriors kalah 123-126 pada Sabtu (15/4). Lalu kalah lagi 106-114 saat insiden Green dikeluarkan tersebut. Tertinggal 2 gim di playoff ini pertama kalinya terjadi sejak era Stephen Curry. (rag)

Foto: NBA

Komentar