IBL

Setelah dipastikan tidak lolos playoff, karena kalah dari Chicago Bulls, Dallas Mavericks justru akan dihadapkan pada penyelidikan NBA. Mereka diduga melakukan tanking, dengan tidak memainkan beberapa pemain inti untuk sengaja mengalah. Kita lihat hukuman seperti apa yang menanti Dallas Mavericks.

"NBA memulai penyelidikan hari ini terhadap fakta dan keadaan seputar keputusan roster Dallas Mavericks dan perilaku permainan sehubungan dengan pertandingan Chicago Bulls-Mavericks tadi malam, termasuk motivasi di balik tindakan tersebut," kata juru bicara NBA Mike Bass dalam pernyataan resmi liga. 

Dugaan sementara adalah tim Dallas Mavericks mengistirahatkan beberapa pemain kunci pada laga melawan Bulls, termasuk Kyrie Irving untuk seluruh pertandingan dan Luka Doncic yang hanya diturunkan di kuarter pertama. Itu terlihat seperti usaha terang-terangan untuk mengamankan 10 tiket draft teratas. Kasus ini semakin menarik perhatian, setelah kepala pelatih Jason Kidd mengakui apa yang terjadi dalam konferensi pers. 

Pelatih Kidd sebelum pertandingan mengatakan bahwa keputusan untuk tidak menurunkan beberapa pemain dibuat oleh tim. Jelas ini merujuk pada keputusan pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban dan manajer Nico Harrison. Bahkan setelah pertandingan, pelatih Kidd tetap pada pendiriannya. Bahwa dia melakukan hal tersebut atas perintah atasan. Hanya saja setelah pertandingan, pernyataannya lebih halus dari sebelumnya. 

"Ini mungkin langkah mundur, tapi mudah-mudahan bisa berpengaruh ke depan. Ini adalah keputusan yang dibuat atasan saya, dan kami harus mengikuti mereka. Kami percaya mereka (Cuban dan Nico) akan membuat keputusan yang tepat untuk bisa meraih gelar juara ke depan. Dan, itu baru saja dimulai prosesnya pada hari ini," kata Kidd, dikutip dari Associated Press.

Tim Dallas Mavericks melaporkan bahwa Kyrie Irving menjalani pemulihan cedera kaki kanan, lalu pemulihan cedera hamstring kanan untuk Maxi Kleber, nyeri pergelangan kaki kiri untuk Tim Hardaway, dan istirahat untuk Christian Wood dan Josh Green. Kelima pemain tersebut, ditambah Doncic, sebelumnya membawa Mavs menundukkan Sacramento Kings, pada hari Rabu (5/4) waktu Amerika Serikat. 

Foto: The Pantagraph

Investigasi NBA dilakukan hanya beberapa hari setelah liga membantah protes Mavericks atas urutan membingungkan yang menyebabkan keranjang yang tidak terbantahkan untuk Golden State dalam kemenangan dua poin oleh Warriors dalam pertandingan bulan lalu.

Kekalahan itu adalah bagian dari runtuhnya Dallas Mavericks, yang berada di urutan keempat di Wilayah Barat pada pertengahan Februari 2023. Mereka bahkan diprediksi menjadi salah satu tim dalam perebutan gelar juara, setelah mendatangkan Kyrie Irving, untuk dimainkan bersama Luka Doncic. Tapi nyatanya, Mavericks telah mencetak rekor 7-17 dalam 24 pertandingan terakhir mereka. 

Dengan tidak mengikuti Play-In Tournament maka peluang Mavericks mendapatkan pemain Draft nomor 1 hingga 10. Kalau pun gagal, Mavs masih bisa mendapatkan pemain Draft nomor 11 yang akan diberikan kepada New York Knicks, untuk membayar hutang mereka. Karena Mavs belum punya tiket Draft putaran pertama sebagai ganti kompensasi untuk menukar Kristaps Porzingis.  

Ternyata tidak hanya itu saja, kalau Mavs tidak lolos playoff, maka dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pemain fenomenal dari Prancis, Victor Wembanyama. Peluang mereka sekarang hanya 4,5 persen, tapi bisa semakin besar setelah tidak lolos playoff. (*)

Foto: Sporting News

Komentar