IBL

Hingga 28 Maret ini, posisi Joel Embiid masih di puncak klasemen smeentara Most Valuable Player (MVP). Ia unggul atas Nikola Jokic dan Giannis Antetokounmpo. Dua pesaingnya itu masing-masing pernah dua kali beruntun menyabet gelar MVP.

Embiid sendiri juga sudah dua kali menjadi finalis MVP pada dua musim terakhir. Namun, pemain Philadelphia 76ers itu selalu kalah dari Jokic. Kini Embiid memiliki kesempatan untuk mengungguli Jokic. Tetapi hal itu bukan menjadi tujuan utama Embiid saat ini.

“Saya tidak peduli. Saya pikir secara mental saya telah mencapai level yang berbeda tentang artinya menang. Dan yang terpenting adalah menang, menang, dan menang. Saya fokus dan melakukan hal tersebut. Apapun yang terjadi ya terjadilah. Jika saya memenangkan MVP, itu bagus. Jika tidak, tidak apa-apa bagi saya,” ujarnya dikutip melalui Bleacher Reports.

Embiid berhasil membawa Sixers mengunci tempat di playoff musim ini. Mereka masih menjadi unggulan ketiga Wilayah Timur (49-26) di bawah Milwaukee Bucks (54-21) dan Boston Celtics (52-23). Sayangnya, pada tiga gim terakhir, Sixers harus menelan kekalahan. Sixers menyisakan tujuh gim lagi. Mereka akan menjalani dua laga kandang melawan Dallas Mavericks (29/3) dan Toronto Raptors (31/3) di Wells Fargo Center Philadelphia.

Saat ini Embiid menjadi pemimpin liga dengan raihan 33,3 poin per gim. Menurut ESPN Stats & Information, Embiid benar-benar dominan sejak jeda All-Star. Ia rata-rata mencetak 34,1 poin per gim dengan akurasi 56,9 persen plus 10,3 rebound, 4,6 asis, dan 2,4 blok.

Tetapi kesempatannya untuk memoles statistik itu tertunda. Embiid mengalami cedera betis pada beberapa pekan terakhir. Cedera tersebut berawal saat paruh kedua melawan Chicago Bulls pada 22 Maret lalu. Pada kemenangan 116-91 atas Bulls itu, Embiid hanya bermain 16 menit dan mencetak 16 poin, 7 rebound, plus 7 asis.

Pemain berusia 29 tahun itu juga absen saat Sixers kalah 111-116 dari Denver Nuggets pada Senin (27/3) di Ball Arena. Padahal ini pertandingan yang dinanti mengingat Embiid melawan Jokic. Pada sesi latihan Senin pagi, Embiid ikut serta. Namun, pelatih Doc Rivers memutuskan untuk mengistirahatkan Embiid. (rag)

Foto: NBA

Komentar