IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta menunjukkan mentalitas luar biasa, Minggu (12/3). Datang ke Seri 5 Semarang tanpa pemain asing dan total pemain tersedia 10 pemain saja, Satria Muda berhasil menang dramatis 77-69 dari Bumi Borneo Pontianak. 

Bumi Borneo sejatinya tampil dominan. Mereka mendominasi Satria Muda dari kuarter pembuka sampai pertengahan kuarter akhir. Bahkan, secara waktu, Bumi Borneo memimpin selama 33 menit. 

Namun, mentalitas juara Satria Muda muncul di kuarter empat. Gempuran tripoin Sandy Ibrahim dan ketenangan Arki Wisnu dalam mengeksekusi tembakan gratis membawa mereka menang. 

Sandy menutup gim dengan 23 poin dan 5 rebound dari 6/10 tripoin. Arki menyelesaikan dengan sempurna tujuh tembakan gratis dan mengakhiri gim dengan 16 poin plus 9 rebound. 

Laurentius Steven Oei juga krusial melalui dua layup di kuarter akhir. Oei bersama Antoni Erga dan Widyanta Putra Teja masing-masing mencetak 10 poin. 

Randy Bell jadi pencetak angka terbanyak untuk Bumi Borneo. Tampil 25 menit, Randy mencetak 18 poin, 5 rebound, dan 4 asis. Ngurah Wisnu jadi satu-satunya pemain Bumi Borneo lain yang mencetak dua digit angka dengan 14 poin. 

Kedua tim sama-sama melakukan banyak penyesuaian untuk pertahanan mereka di gim ini. Bumi Borneo menggunakan pertahanan zona 2-3 yang bisa berubah jadi 1-2-2 ataupun 3-2. Mereka menggunakan sistem ini sepanjang gim.

Satria Muda yang biasanya selalu menggunakan konsep satu lawan satu atau man to man. Hari ini, dengan pemain yang ada, mereka menggunakan zona juga, 2-3. Pengecualian di awal gim mereka coba menghentikan Randy Bell dengan tembok yang menggunakan dua pemain. 

Ini adalah kemenangan ke-14 Satria Muda dari 15 laga. Bagi Bumi Borneo, ini kekalahan ketujuh dari 17 gim. Keduanya sejatinya sedang dalam tren bagus dua kemenangan beruntun sebelum gim ini. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar